IHT tentang Pembelajaran Berdiferensiasi dan Berlitnum (Berpikir Literasi Numerasi) di SD Negeri Pranggang 3 Plosoklaten Kediri

Authors

  • Bambang Agus Sulistyono Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Aprilia Dwi Handayani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ika Santia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Lina Rihatul Hima Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Samijo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dian Devita Yohanie Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.499

Keywords:

Differensiasi, Literasi, Numerasi

Abstract

Latar Belakang: Pembelajaran di sekolah dasar seringkali dihadapkan pada tantangan untuk mengakomodasi perbedaan kemampuan siswa. Pembelajaran Berdiferensiasi dan Berpikir Literasi Numerasi (Berlitnum) merupakan strategi yang diperlukan guna menjawab tantangan ini. Tujuan: Program ini bertujuan untuk melatih guru dalam penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dan Literasi Numerasi, yang diselenggarakan oleh tim dari Universitas Nusantara PGRI Kediri bekerja sama dengan mitra SD Negeri Pranggang 3 Plosoklaten Kediri. Metode: Pelatihan dilaksanakan dengan metode In House Training (IHT) yang melibatkan enam dosen dan dua mahasiswa. Kegiatan terdiri dari penyampaian teori, simulasi, pendampingan, dan evaluasi implementasi. Hasil: Berdasarkan survei kepuasan, pelatihan mendapatkan skor rata-rata kepuasan 90%, dengan kualitas penyampaian fasilitator mencapai skor 96%, dan pemahaman guru mengenai konsep diferensiasi sebesar 94%. Selain itu, implementasi strategi pembelajaran di kelas menunjukkan peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa sebesar 15%, berdasarkan hasil pre-test dan post-test yang dilakukan sebelum dan sesudah pelatihan. Kesimpulan: Program PKM ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan guru dalam mengimplementasikan strategi diferensiasi dan literasi numerasi di kelas. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisah, H., Yulianti Zaqiah, Q., & Supiana, A. (2021). Implementasi Kebijakan Asesmen Kemampuan Minimum (AKM): Analisis Implementasi Kebijakan AKM. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 128–135. http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/

Al-Shaboul, Y., Al-Azaizeh, M., & Al-Dosari, N. (2021). Differentiated instruction between application and constraints: Teachers’ perspective. European Journal of Educational Research, 10(1), 127–143.

Amalia, K., Rasyad, I., & Gunawan, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Inovasi pembelajaran. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 5(2), 185–193. https://doi.org/10.51178/jetl.v5i2.1351

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA J. Ilmu Pendidik, 1(3), 269–283.

Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323

Fitriyana, I., & Dewi Nirmala, S. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(1). https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.4275

Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817–5826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116

Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.16045

Kusaeri, & Suprananto. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Graha Ilmu.

Musyrifah, E., Dwirahayu, G., & Gusni, S. (2022). Pengembangan bahan ajar matematika bagi guru mi dalam upaya mendukung keterampilan mengajar serta peningkatan literasi numerasi. FIBONACCI J. Pendidik. Mat. Dan Mat., 8(1), 61–72.

Pendidikan, J. S., Pembelajaran, D., Putrawangsa, S., Hasanah, U., & Kunci, K. (2022). Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi (Vol. 1, Issue 1). https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika

Rosana, D., Widodo, E., Setianingsih, W., & Setyawarno, D. (2020). Pelatihan Implementasi Assessment Of Learning, Assessment For Learning Dan Assessment As Learning Pada Pembelajaran IPA SMP di MGMP Kabupaten Magelang. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(1), 71–78. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i1.34080

Santia. (2018). Membangun Literasi Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis ML+3Cs.

Swastika, A. (2017). Pelatihan Penyusunan Instrumen Penilaian Afektif Pada Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 Untuk Guru-Guru Sekolah Menengah Atas. Urecol, 87–90.

Ultra Gusteti, M. (n.d.). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. 3(3), 2022. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-11-09

How to Cite

Sulistyono, B. A., Handayani, A. D., Santia, I., Hima, L. R., Samijo, S., & Yohanie, D. D. (2024). IHT tentang Pembelajaran Berdiferensiasi dan Berlitnum (Berpikir Literasi Numerasi) di SD Negeri Pranggang 3 Plosoklaten Kediri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 126–133. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.499