IHT tentang Pembelajaran Berdiferensiasi dan Berlitnum (Berpikir Literasi Numerasi) di SD Negeri Pranggang 3 Plosoklaten Kediri
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.499Keywords:
Differensiasi, Literasi, NumerasiAbstract
Latar Belakang: Pembelajaran di sekolah dasar seringkali dihadapkan pada tantangan untuk mengakomodasi perbedaan kemampuan siswa. Pembelajaran Berdiferensiasi dan Berpikir Literasi Numerasi (Berlitnum) merupakan strategi yang diperlukan guna menjawab tantangan ini. Tujuan: Program ini bertujuan untuk melatih guru dalam penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dan Literasi Numerasi, yang diselenggarakan oleh tim dari Universitas Nusantara PGRI Kediri bekerja sama dengan mitra SD Negeri Pranggang 3 Plosoklaten Kediri. Metode: Pelatihan dilaksanakan dengan metode In House Training (IHT) yang melibatkan enam dosen dan dua mahasiswa. Kegiatan terdiri dari penyampaian teori, simulasi, pendampingan, dan evaluasi implementasi. Hasil: Berdasarkan survei kepuasan, pelatihan mendapatkan skor rata-rata kepuasan 90%, dengan kualitas penyampaian fasilitator mencapai skor 96%, dan pemahaman guru mengenai konsep diferensiasi sebesar 94%. Selain itu, implementasi strategi pembelajaran di kelas menunjukkan peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa sebesar 15%, berdasarkan hasil pre-test dan post-test yang dilakukan sebelum dan sesudah pelatihan. Kesimpulan: Program PKM ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan guru dalam mengimplementasikan strategi diferensiasi dan literasi numerasi di kelas.
Downloads
References
Aisah, H., Yulianti Zaqiah, Q., & Supiana, A. (2021). Implementasi Kebijakan Asesmen Kemampuan Minimum (AKM): Analisis Implementasi Kebijakan AKM. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 128–135. http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/
Al-Shaboul, Y., Al-Azaizeh, M., & Al-Dosari, N. (2021). Differentiated instruction between application and constraints: Teachers’ perspective. European Journal of Educational Research, 10(1), 127–143.
Amalia, K., Rasyad, I., & Gunawan, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Inovasi pembelajaran. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 5(2), 185–193. https://doi.org/10.51178/jetl.v5i2.1351
Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA J. Ilmu Pendidik, 1(3), 269–283.
Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323
Fitriyana, I., & Dewi Nirmala, S. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(1). https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.4275
Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817–5826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116
Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.16045
Kusaeri, & Suprananto. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Graha Ilmu.
Musyrifah, E., Dwirahayu, G., & Gusni, S. (2022). Pengembangan bahan ajar matematika bagi guru mi dalam upaya mendukung keterampilan mengajar serta peningkatan literasi numerasi. FIBONACCI J. Pendidik. Mat. Dan Mat., 8(1), 61–72.
Pendidikan, J. S., Pembelajaran, D., Putrawangsa, S., Hasanah, U., & Kunci, K. (2022). Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi (Vol. 1, Issue 1). https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika
Rosana, D., Widodo, E., Setianingsih, W., & Setyawarno, D. (2020). Pelatihan Implementasi Assessment Of Learning, Assessment For Learning Dan Assessment As Learning Pada Pembelajaran IPA SMP di MGMP Kabupaten Magelang. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(1), 71–78. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i1.34080
Santia. (2018). Membangun Literasi Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis ML+3Cs.
Swastika, A. (2017). Pelatihan Penyusunan Instrumen Penilaian Afektif Pada Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 Untuk Guru-Guru Sekolah Menengah Atas. Urecol, 87–90.
Ultra Gusteti, M. (n.d.). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. 3(3), 2022. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bambang Agus Sulistyono, Aprilia Dwi Handayani, Ika Santia, Lina Rihatul Hima, Samijo, Dian Devita Yohanie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0