Pengembangan Bahan Ajar “TEMUAN” Berbasis Multimedia Interaktif Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Novita Wahyu Rahmawati Universitas Nusantara PGRI Kediri https://orcid.org/0009-0008-4283-4421
  • Sutrisno Sahari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Farida Nurlaila Zunaidah Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.144

Keywords:

pengembangan, bahan ajar, multimedia interaktif, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SDN Tanjung bahwa pada saat proses pembelajaran IPA dengan materi sistem pencernaan pada manusia dan hewan, guru masih menggunakan bahan ajar yang ditetapkan oleh pemerintah (buku Tematik) tanpa menggunakan bahan ajar tambahan.  Selain itu, pada saat proses pembelajaran guru juga menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media pembelajaran. Alhasil, siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran sehingga kurang memahami materi sistem pencernaan pada manusia dan hewan. Berdasarkan fakta tersebut, peneliti kemudian melakukan penelitian yang  bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar “TEMUAN” berbasis multimedia interaktif siswa kelas V sekolah dasar pada mata pelajaran IPA. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah ADDIE. Ada 5 tahapan yang dilakukan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen pengumpulan data penelitian yaitu angket validasi ahli media dan materi, angket kepraktisan respon guru dan siswa, serta tes berupa post-test. Hasil penelitian pada bahan ajar “TEMUAN” berbasis multimedia interaktif memperoleh skor 88%, sedangkan validasi ahli materi memperoleh skor 83% sangat valid. Angket respon siswa memperoleh presentase skor 86,6% dan angket respon guru memperoleh skor 92% yang menunjukkan bahwa bahan ajar “TEMUAN” berbasis multimedia interaktif termasuk dalam kategori sangat praktis. Hasil post-test memperoleh presentase skor 92,3% dan memenuhi kriteria efektif.

References

Azizah, I.M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Rangka. Skripsi. Malang: PGMI Uinma.

Branch, R. M. (2010). Instructional Design: The ADDIE approach. Instructional Design: The ADDIE Approach (pp. 1-203).

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Choiyum, C. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Web Offline Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.

Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094

Herawati Daulae, T. (2020). Pemanfaatan Kawasan-Kawasan Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 442–456. https://doi.org/10.24952/di.v7i2.2245

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1–11. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2345

Latifah, S., & Utami, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Media Sosial Schoology. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 36–45. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3924

Mukmin, B. A., & Zunaidah, F. N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar DELIKAN Tematik Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Sekolah Dasar di Kota Kediri. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 145. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.2788

Nurhairunnisah. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa SMA Kelas X. Skripsi. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta.

Pamungkas, D. E., & Sukarman. (2020). Transformasi Dunia Pendidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–9. http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Riski, W. N. P. (2019). Pengembangan Handout Berbasis Mind Mapping Untuk Materi Organ Pencernaan Manusia Kelas V Sdn Asmorobangun 4 Kabupaten Kediri. 1, 1–13.

Sahfitri, A., & Hartini, S. (2019). Metode ADDIE Pada Aplikasi Interaktif Mengenal Bagian Tubuh Manusia Dua Bahasa Untuk Anak Sekolah Dasar. Information System For Educators And Professionals, 3(2), 141–152. http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/1085/955

Saputri, F., & Nugrahaeni, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Sekolah Dasar di Era Covid-19. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(03), 64–66.

Supardi, A. S., & Cepogo, G. (2018). Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Ajar Suplemen Dalam Peningkatan Minat Belajar. Jurnal Ilmu Penddikan Dasar, 1–25.

Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, K., Fadilah, D., & Artikel, R. (2020). Jurnal Elementary PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK SEKOLAH DASAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL SAMAWA BERBENTUK MULTIMEDIA INTERAKTIF INFO ARTIKEL ABSTRAK. 3(2), 97–101. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary

Veronika Rosari. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Kelas Viii Smp Skripsi.

Winarso, Rizqi Nuritno, Hendri Raharjo2, W. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJARMATEMATIKA SISWA Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Syekh Nurjati Cirebon. Jurnal.

Yuliono, T., & Rintayati, P. (2018). Keefektifan Media Pemelajaran Augmented Reality Terhadap Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 65–84. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-04-15

How to Cite

Rahmawati, N. W., Sahari, S., & Zunaidah , F. N. . (2023). Pengembangan Bahan Ajar “TEMUAN” Berbasis Multimedia Interaktif Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 155–169. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.144

Issue

Section

Articles