Peningkatan Kualitas Mengajar Guru melalui Pembinaan Model Up Grading Learning

Authors

  • Purwo Purwo Universitas Doktor Nugroho
  • Sri Hartutik Universitas Doktor Nugroho

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.203

Keywords:

kualitas, pengajaran guru, pembinaan, model upgrade learning

Abstract

Fenomena yang ditemukan pada SMK Maospati Kabupaten Magetan sebagai obyek penelitian ini adalah masih terdapat Guru yang dinyatakan memiliki kualitas pengajaran yang masih belum memenuhi capaian pembelajaran yang ditetapkan. Peningkatan kualitas pembelajaran harus diterapkan karena berkaitan dengan profesionalisme pendidik, dan penerapan prinsip pembelajaran berbasis penelitian. Berdasarkan kondisi tersebut, maka peneliti tertarik mengkaji penerapan model pembelajaran Up Grading sebagai strategi meningkatkan kualitas mengajar Guru SMK Maospati dengan subjek penelitian 1 orang guru kelas X. Model Upgrade Learning yang diterapkan memiliki makna belajar yang membantu guru menghubungkan mata pelajaran dengan situasi dunia nyata dan pembelajaran yang memotivasi siswa untuk menghubungkan pengetahuan dan aplikasinya dengan kehidupan sehari-hari sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Untuk mengetahui meningkatnya kemampuan guru, dalam kegiatan pembelajaran dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian kinerja guru yaitu mengukur aktivitas guru dan aktivitas siswa melalui proses observasi. Hasilnya adalah penerapan pengembangan model pembelajaran up grading mampu meningkatkan kualitas mengajar guru. Pada pelaksanaan siklus I diperoleh persentase rata-rata aktivitas guru sebesar Rp. 70% meningkat pada siklus II menjadi 82,5%. Hasil lainnya adalah aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75% meningkat pada siklus II menjadi 85%.

References

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Carter V. G. (2017). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Jakarta: ALFABETA.

Depdiknas. (2012). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Konsep Dasar. Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar dan menengah.

Dimyati. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Fikri, I. (2022). Strategi Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru pada Era Revolusi Industri 4.0 di MTsN 1 Kapuas. UIN Antasari.

Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasihani, & Astini. (2019). Up grading learning dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kemendikbud. (2013). Lampiran Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Mantja. (2017). Profesionalisasi Tenaga Kependidikan: Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Elang Mas.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Murni, W. (2022). Keterampilan Dasar Mengajar. Ar – Ruzz Media.

Nasution. (2011). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), Anggota IKPI, Ghalia Indonesia: Jakarta.

Nur, M. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran Up grading learning. Universitas Negeri Yogyakarta.

Oktifa, N. (2022). Indikator Kompetensi Guru Profesional yang Harus Guru Kenal-Cara meningkatkan kemampuan profesional guru. https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/indikator-kompetensi-guru-profesional-yang-harus-guru-kenal

Purwanto, M. N. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nasution. S. (2015). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Akasara.

Slameto. (2020). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sudjana, N., & Ibrahim. (2010). Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru Algesindo.

Sukirin. (2014). Psikologi Belajar. Yogyakarta: FIP IKIP Yogyakarta.

Theffidy, S. G. A. (2020). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 di Tengah Covid-19. https://ombudsman.go.id/.

Usman, M.U. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winkel. (2014). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-05-21

How to Cite

Purwo, P., & Hartutik , S. (2023). Peningkatan Kualitas Mengajar Guru melalui Pembinaan Model Up Grading Learning. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 228–238. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.203

Issue

Section

Articles