Peningkatan Hasil Pembelajaran IPA Menggunakan Model Word Square di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.206Keywords:
il pembelajaran IPA, word square, sekolah dasarAbstract
Riset ini bertujuan untuk mengidentifikasi peningkatan hasil pembelajaran IPA pada siswa kelas V di SDN 005 Loa Janan Ilir melalui penerapan model pembelajaran word square. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan beberapa tahapan antara lain: rancangan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB yang berjumlah 30 siswa dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes serta teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan dilakukan, hanya 43% siswa menuntaskan nilai hasil belajarnya dengan rata-rata nilai 65. Setelah melakukan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar siswa menjadi 60% dengan rata-rata nilai 66 dan pada siklus II kembali terjadi peningkatan persentase hasil belajar siswa menjadi 83% dengan rata-rata nilai 81. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran word square bisa membantu siswa mencapai hasil belajar IPA yang optimal.
Downloads
References
Ali, A. M., Nur, R., & others. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen Kelas VI Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 114–121. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.150
Arikunto, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S., & dkk. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Asrizal, A., Yurnetti, Y., & Usman, E. A. (2022). ICT Thematic Science Teaching Material with 5E Learning Cycle Model to Develop Students’ 21st-Century Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(1), 61–72. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i1.33764
Aunurrahman. (2016). Belajar Dan Pembelajaran (10th ed.). Bandung : Alfabeta.
Azmi, D. A., Nuramelyah, R., Fadollah, I., & Arif, T. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Tematik melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square pada Murid Kelas V MIS Muhamadiyah Sibatua Kecamatan Pangkaje’ne Kabupaten Pangkep. Journal on Education, 5(4), 11280–11293. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4
Barimbing, R. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Word Square Pada Pelajaran IPA Di Kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 8(2). https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i2.10380
Diah, R., & Oktavia, A. (2014). Strategi Word Square Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri 03 Jetis Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2013 / 2014. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 57–62. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.945
Febbriana, I. R. A., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Outdoor Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2), 149–156. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17737
Herwandannu, B., & Suprayitno. (2018). Penerapan model pembelajaran word square untuk menigkatkan hasil belajar IPS siswa kelas 3 SDN 2 Slempit Kedamean Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(12).
Imas, K. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta : Kata Pena.
Izzati, I., Huda, C., & Mushafanah, Q. (2017). Keefektifan model pembelajaran word square berbantu media puzzle pada mata pelajaran IPS SD. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 106–112. https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.5079
Kurniasari, N. P. M., & Margunayasa, N. M. S. I. G. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Gugus V Kecamatan Tegallalang. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.896
Lestari, K. T., Suarni, N. K., & Suwatra, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas III SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.752
Marta, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Model Word square Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(1), 28–34. https://doi.org/10.15294/lik.v46i1.10153
Mu’alimin. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit x.
Parameswara, M. C. (2021). Optimalisasi Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar (Vol. 5).
Rinjani, C., Wahdini, F. I., Mulia, E., Zakir, S., & Amelia, S. (2021). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(2), 52–59. https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i2.102
Saifulloh, M., & Dermawan, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa. Indonesian Journal of Instructional Technology. https://doi.org/10.49056/ijit.vi.305
Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021). The Influence of 4C (Constructive, Critical, Creativity, Collaborative) Learning Model on Students’ Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 873–892. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14351a
Syahruddin, N. Ngh. A. A. A. Gd. A. H. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Gugus 1. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1260
Vera, Y. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Word Square Pada Pembelajaran Tematik Tema Lingkungan Bersih, Sehat, Dan Bersih Di Sekolah Dasar. Jurnal Dharma PGSD, 1(2), 123–138.
Widiyanto, A., Pradana, K. A., Peristiowati, Y., Ellina, A. D., Atmojo, J. T., Fajriah, A. S., & Handayani, R. T. (2021). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Dengan Model Word Square Terhadap Keterampilan Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) Di Desa Gembol, Ngawi. Avicenna: Journal of Health Research, 4(1). https://doi.org/10.36419/avicenna.v4i1.467
Yusmarita, Y. (2022). Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Makanan Sehat di Kelas V SD Negeri 192/IX Simpang Setiti. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3580–3590.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rosita Putri Rahmi Haerani, Resma Anggreni, Muhlis, Muhammad Ramli Buhari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0