Peningkatan Hasil Pembelajaran IPA Menggunakan Model Word Square di Sekolah Dasar

Authors

  • Rosita Putri Rahmi Haerani Universitas Mulawarman
  • Resma Anggreni Universitas Mulawarman
  • Muhlis Muhlis Universitas Mulawarman
  • Muhammad Ramli Buhari Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.206

Keywords:

il pembelajaran IPA, word square, sekolah dasar

Abstract


Riset ini bertujuan untuk mengidentifikasi peningkatan hasil pembelajaran IPA pada siswa kelas V di SDN 005 Loa Janan Ilir melalui penerapan model pembelajaran word square. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan beberapa tahapan antara lain: rancangan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB yang berjumlah 30 siswa dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes serta teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan dilakukan, hanya 43% siswa menuntaskan nilai hasil belajarnya dengan rata-rata nilai 65. Setelah melakukan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar siswa menjadi 60% dengan rata-rata nilai 66 dan pada siklus II kembali terjadi peningkatan persentase hasil belajar siswa menjadi 83% dengan rata-rata nilai 81. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran word square bisa membantu siswa mencapai hasil belajar IPA yang optimal.

References

Ali, A. M., Nur, R., & others. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen Kelas VI Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 114–121. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.150

Arikunto, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S., & dkk. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Asrizal, A., Yurnetti, Y., & Usman, E. A. (2022). ICT Thematic Science Teaching Material with 5E Learning Cycle Model to Develop Students’ 21st-Century Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(1), 61–72. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i1.33764

Aunurrahman. (2016). Belajar Dan Pembelajaran (10th ed.). Bandung : Alfabeta.

Azmi, D. A., Nuramelyah, R., Fadollah, I., & Arif, T. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Tematik melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square pada Murid Kelas V MIS Muhamadiyah Sibatua Kecamatan Pangkaje’ne Kabupaten Pangkep. Journal on Education, 5(4), 11280–11293. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4

Barimbing, R. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Word Square Pada Pelajaran IPA Di Kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 8(2). https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i2.10380

Diah, R., & Oktavia, A. (2014). Strategi Word Square Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri 03 Jetis Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2013 / 2014. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 57–62. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.945

Febbriana, I. R. A., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Outdoor Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2), 149–156. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17737

Herwandannu, B., & Suprayitno. (2018). Penerapan model pembelajaran word square untuk menigkatkan hasil belajar IPS siswa kelas 3 SDN 2 Slempit Kedamean Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(12).

Imas, K. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta : Kata Pena.

Izzati, I., Huda, C., & Mushafanah, Q. (2017). Keefektifan model pembelajaran word square berbantu media puzzle pada mata pelajaran IPS SD. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 106–112. https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.5079

Kurniasari, N. P. M., & Margunayasa, N. M. S. I. G. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Gugus V Kecamatan Tegallalang. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.896

Lestari, K. T., Suarni, N. K., & Suwatra, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas III SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.752

Marta, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Model Word square Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(1), 28–34. https://doi.org/10.15294/lik.v46i1.10153

Mu’alimin. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit x.

Parameswara, M. C. (2021). Optimalisasi Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar (Vol. 5).

Rinjani, C., Wahdini, F. I., Mulia, E., Zakir, S., & Amelia, S. (2021). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(2), 52–59. https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i2.102

Saifulloh, M., & Dermawan, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa. Indonesian Journal of Instructional Technology. https://doi.org/10.49056/ijit.vi.305

Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021). The Influence of 4C (Constructive, Critical, Creativity, Collaborative) Learning Model on Students’ Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 873–892. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14351a

Syahruddin, N. Ngh. A. A. A. Gd. A. H. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Gugus 1. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1260

Vera, Y. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Word Square Pada Pembelajaran Tematik Tema Lingkungan Bersih, Sehat, Dan Bersih Di Sekolah Dasar. Jurnal Dharma PGSD, 1(2), 123–138.

Widiyanto, A., Pradana, K. A., Peristiowati, Y., Ellina, A. D., Atmojo, J. T., Fajriah, A. S., & Handayani, R. T. (2021). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Dengan Model Word Square Terhadap Keterampilan Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) Di Desa Gembol, Ngawi. Avicenna: Journal of Health Research, 4(1). https://doi.org/10.36419/avicenna.v4i1.467

Yusmarita, Y. (2022). Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Makanan Sehat di Kelas V SD Negeri 192/IX Simpang Setiti. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3580–3590.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-05-29

How to Cite

Haerani, R. P. R. ., Anggreni, R., Muhlis, M., & Buhari, M. R. (2023). Peningkatan Hasil Pembelajaran IPA Menggunakan Model Word Square di Sekolah Dasar . PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 239-249. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.206

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)