Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.234Keywords:
model pembelajaran, number head together, hasil belajar IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa sekolah dasar. Metode pembelajaran yang diterapkan sebelumnya bersifat teacher centered, khususnya pada pelajaran IPS dan hal tersebut yang melatarbelakangi penelitian ini dilakukan. Guru dominan menyampaikan materi dengan metode ceramah. Pembelajaran monoton dan pasif membuat siswa sulit memahami materi berdampak pada hasil belajar. Salah satu inovasi pembelajaran berpusat pada siswa adalah model pembelajaran NHT. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjeknya adalah siswa kelas V SDN 001 Loa Kulu berjumlah 23 siswa dan objek penelitian adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa rata-rata, persentase dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa dari nilai pra siklus siswa yaitu 61, kemudian mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 3,2%, menjadi 63. Pada siklus II juga mengalami peningkatan nilai rata-rata kelassebesar 14,2% menjadi 72. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa sekolah dasar.
Downloads
References
Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450
Atiyah, U., Fita, M., Untari, A., Tsalatsa, A. N., Pendidikan Guru, J., & Dasar, S. (2019). LOGO Jurnal Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. International Journal of Elementary Education, 3(1), 46–52.
Dadri, P. C. W., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 84–93.
Fatimah dan Syamsudin Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah Surabaya, S. (2021). MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH. In Awwaliyah: Jurnal PGMI (Vol. 4).
Firdaus, M. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP. In Jurnal Formatif (Vol. 6, Issue 2).
Fitra Surya, Y. (2018). PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD (Vol. 2).
Fitra Surya, Y., & Kunci, K. (2017). PENERAPAN METODE EKSPERIMENUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 011 LANGGINI KABUPATEN KAMPAR.
Harini, N. P. D. W., & Juwana, I. D. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Tipe NHT Berbantuan Alat Peraga Manipulatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII D SMP Widya Sakti Denpasar Tahun Pelajaran 2020 / 2021. XI, 323–330.
Hasil, U. M., & Rosianawati, A. (n.d.). Improving Student ’ S Social Study Result Through the Nht Type of Cooperative. 183–193.
Jaya, J. (2019). Jurnal Penelitian Tolis Ilmiah. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 124–129.
Juliartini, N. M., Arini, N. W., SKGJ Badung, P., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III.
Kholis, N., & Darussalam Lampung, S. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 2(1), 69–88. https://doi.org/10.25217/ji.v2i1.76.69-88
Mahanani, P. S. E. (2022). Penerapan Metode Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 3 SDN Tambakrejo Gurah Kediri . PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 86-93. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.58
Oktaviani, A. M., Marini, A., Guru, P., Dasar, S., Primagraha, U., Dasar, P., Jakarta, U. N., Timur, J., Guru, P., Dasar, S., Pelita, U., & Pusat, C. (2022). Pendidikan karakter melalui pembelajaran ips sd.
Paizaluddin & Ermalinda. (2014). No Title. In Penelitian Tindak Kelas (p. 34).
Permana, E. P. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2), 49–58. https://doi.org/10.29407/jpdn.v1i2.210
Sofyan, Y. (2016). Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 3(2), 136–142. http://ojs.unm.ac.id/sosialisasi/article/view/2376
Susanti, R. (n.d.). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA TEMA MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 30 BANDA ACEH. Jurnal Tunas Bangsa|, 87.
Widharningsih, I. M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. Jurnal Praktik Penelitian Tindakan, 10(1), 9–14.
Yenni, R. F. (2016). Penggunaan metode numbered head Together ( NHT ) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 9(2), 263–267. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/1006
Yupita, I. A., & Tjipto, W. (n.d.). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI SEKOLAH DASAR.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mustamiroh, Alda Misbahul Jannah, Muh. Ramli Buhari, Muhlis, La Djangka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0