Efektivitas Model Pembelajaran Think-Talk-Write terhadap Keterampilan Mengomunikasikan Pendapat pada Siswa Kelas IV SDN Kelutan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk

Authors

  • Maulana Rahmad Ardiansyah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Kukuh Andri Aka Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Novi Nitya Santi Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v1i2.24

Keywords:

Model Pembelajaran Think-Talk-Write, Keterampilan Mengomunikasikan Pendapat

Abstract

Pada proses pembelajaran bahasa Indonesia yang dilakukan di SDN Kelutan, masih banyak siswa yang belum aktif dalam pembelajaran, siswa menerima sumber belajar hanya dari guru dan buku tetapi belum mengembangkan keterampilan proses, sehingga aktivitas siswapun belum maksimal. Hal ini, membuat kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia kurang maksimal, ditunjukkan dengan hasil belajar yang rendah sebanyak 65% yang mendapat nilai di bawah KKM. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, teknik penelitian menggunakan eksperimen dengan desain Non Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kelutan 3 Nganjuk terdiri dari 22 siswa pada kelas IV (kelompok eksperimen) dan siswa Kelas IV SDN Kelutan 2 sebanyak 22 siswa kelas IV (kelompok kontrol). Pengumpulan data dilakukan dalam dua kali pertemuan, dengan menggunakan instrumen berupa tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t paired sampel-test dan uji-t independent sampel t-test. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think-Talk-Write berpengaruh terhadap keterampilan mengomunikasikan pendapat pada siswa, dengan nilai thitung ≥ ttabel yaitu 9,507 ≥ 2,080 dengan taraf signifikansi 5%. Selain itu, Model pembelajaran Konvensional berpengaruh terhadap keterampilan mengomunikasikan pendapat pada siswa, dengan nilai thitung ≥ ttabel yaitu 10,782 ≥ 2,080 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil lainnya adalah ada perbedaan pengaruh penggunaan model Think-Talk-Write dibanding model Konvensional terhadap keterampilan mengomunikasikan pendapat pada siswa kelas. Hal ini dapat dibuktikan dari thitung 3,001 ≥ ttabel 2,018 pada taraf signifikan 5%.

References

Aris, Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2001. Kamus Besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.

Febrianty, Astari Hilda. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think-Talk-Write Terhadap Kemampuan Siswa dalam Menulis Karangan Deskripsi Di Sekolah Dasar. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia. Kampus Tasikmalaya.

Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Undang, U. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia. PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA.

Undang, U. (2005). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/public/media/regulasi /2019/11/12/2019_11_12-03_49_06_9ab7e1fa524ba603bc2cdbeb7bff93c3.pdf

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-05-01

How to Cite

Ardiansyah, M. R. ., Aka, K. A., & Santi, N. N. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Think-Talk-Write terhadap Keterampilan Mengomunikasikan Pendapat pada Siswa Kelas IV SDN Kelutan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 1(2), 94–103. https://doi.org/10.53624/ptk.v1i2.24

Issue

Section

Articles