Meningkatkan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif STAD pada Mata Pelajaran PPKn
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v6i1.638Keywords:
active learning, cooperative learning STAD, PPKnAbstract
The activeness of students in PPKn learning in class IX C SMPN 5 Tarogong Kidul is still low, shown by the lack of participation in discussions, asking questions, and dominance of lecture methods. This research aims to increase student activity through a cooperative learning model of the Student Teams Achievement Division (STAD) type. The research uses the Classroom Action Research (PTK) approach with the DDAER model, carried out in two cycles. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. The activity of students increased from 33.3% in the pre-cycle to 54.2% in the first cycle, and 87.5% in the second cycle. Improvements occurred in all indicators, especially in questioning, discussion, and group cooperation. The implementation of STAD by teachers also increased from 83.3% to 100%. The application of the STAD model is consistently effective in increasing students' activeness in PPKn learning, both individually and in groups.
Downloads
References
Abrori, A. N., Sumadi, C. D., Telang, J. R., Kamal, K., Bangkalan, K., Jawa, P., & Kode, T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas 2 SDN Morkoneng 1. Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4), 296–315. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i4.2385
Fiteriani, I. and B. B. (2018). Analisis Perbedaan Hasil Belajar KognitifMenggunakan Metode Pembelajaran KooperatifYang Berkombinasipada Materi IpaDi Min Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar , 4.2, 1–30.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Idris, S., & ZA, T. (2017). Realitas Konsep Pendidikan Humanisme dalam Konteks Pendidikan Islam. In Jurnal Edukasi (Media Kajian Bimbingan Konseling). https://doi.org/10.1097/00001888-199901001-00046
Kuncono, R. A., FIP Lantai, G. B., Setiabudhi, J., Arianti Kuncono, R., Hermawan, R., & Rakhmat Riyadi, A. (2019). Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa Kelas Iv Sd. Jpgsd, Iii, 298–306.
Mulyatiningsih, E. (2021). Metode Penelitian Tindakan Kelas. https://www.academia.edu/10764992/MODUL_PELATIHAN_PENDIDIKAN_PROFESI_GURU_FAKULTAS_TEKNIK_UNIVERSITAS_NEGERI_YOGYAKARTA_METODE_PENELITIAN_TINDAKAN_KELAS_Oleh_Dr_Endang_Mulyatiningsih?auto=download
Nugroho, S., & Shodikin, A. (2018). Efektivitas Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Komik pada Siswa SD. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 22–32. https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i1.1067
Nur Khasanah, F., & Aditia Rigianti, H. (2023). Upaya Guru Dalam Menghadapi Peserta Didik Yang Mengalami Kebosanan Saat Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(4), 266–269.
Ramafrizal, Y., & Julia, T. (2018). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, II. https://doi.org/10.23969/oikos.v2i2.1049
Rokhanah, N., Widowati, A., & Sutanto, E. H. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3173–3180. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.860
Satriani, S. (2018). Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus). Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1). https://doi.org/10.30984/jii.v10i1.590
Sriana, J., & Sujarwo, S. (2022). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 39–51. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.245
Suhairiah, R. (2014). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Mata Pelajaran PKn Materi Pokok Demokrasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Scramble di SD Negeri Kademangan 1 Bondowoso. JEUJ: Jurnal Edukasi, 1(4), 37. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i1.1026
Sukiyanto, S. (2018). Pengembangan Rencana Pembelajaran Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Stad Dan Teori Vygotsky. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 31–41. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.24
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nibras Shohwatul Islam, Mahfiroh Fitria Maulani, Nenden Rosita, Prima Melati, Tetep, Anita Murdayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0