Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.246Keywords:
model pembelajaran, problem based learning, hasil belajar, sekolah menengahAbstract
Masalah yang mendasari dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik, sehingga diperlukan model pembelajaran yang mendukung hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik serta pengaruh pemberian variasi media pembelajaran terhadap hasil belajar pada materi bioteknologi di kelas X.10 SMA Negeri 1 Palembang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan soal pilihan ganda sebagai instrumennya. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan penyajian data dan deskripsi yang berkaitan dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dan pemberian variasi media pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi bioteknologi di kelas X.10 SMA Negeri 1 Palembang.
Downloads
References
Amir, M. (2008). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.
Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314
Arends, R. (2008). Learning to Teach. Jakarta: Pustaka Belajar.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Arikunto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Heo, M., & Toomey, N. (2020). Learning with multimedia: The effects of gender, type of multimedia learning resources, and spatial ability. Computers and Education, 146, 103747. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103747
Hua, T., Liang, C., Min, G., Li, K., & Chunxi Xiao. (2020). Generating video animation from single still image in social media based on intelligent computing. Journal of Visual Communication and Image Representation, 71, 102812. https://doi.org/10.1016/j.jvcir.2020.102812
M, C. S. D., & Qamaria, R. S. (2020). The Effectiveness of Google Classroom as English Learning Assistance. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 47-53. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i1.10
Mushtaq, I., Khan, S. N. 2012. Factors Affecting Students’ Academic Performance. Global Journal of Management and Business Research, 12 (9): 16-22.
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.
Sulistiana, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Blimbing Kabupaten Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 127-133. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.50
Sugiyono. 2005. Statiska Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta CV
Syamsurizal, Rusdi, M dan Sastrawati, E. (2011). Problem Based Learning, Strategi Metakognisi, dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Tekno-Pedagogi Volume 1 Nomor 2, 2 September 2011 halaman 1-14. ISSN 2068-205X
Taufik. (2012). Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning di Program Studi Pendidikan Biologi PMIPA Universitas Jambi. Jurnal BIDIK Volume 1 Nomor 1, 1 Desember 2012 halaman 16-21
Wena, Made. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
Widjajanti, B. D. (2011). Problem-Based Learning dan Contoh Implementasinya. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/PPM-PBL-%2010%20Maret%202011-Djamilah.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Diva Ananta Pratiwi, Elyani Ami, Yenny Anwar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0