Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah

Authors

  • Diva Ananta Pratiwi Universitas Sriwijaya
  • Elyani Ami Universitas Sriwijaya
  • Yenny Anwar Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.246

Keywords:

model pembelajaran, problem based learning, hasil belajar, sekolah menengah

Abstract

Masalah yang mendasari dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik, sehingga diperlukan model pembelajaran yang mendukung hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran yang digunakan dalam  penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik serta pengaruh pemberian variasi media pembelajaran terhadap hasil belajar pada materi bioteknologi di kelas X.10 SMA Negeri 1 Palembang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan soal pilihan ganda sebagai instrumennya. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan penyajian data dan deskripsi yang berkaitan dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dan pemberian variasi media pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi bioteknologi di kelas X.10 SMA Negeri 1 Palembang.

References

Amir, M. (2008). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314

Arends, R. (2008). Learning to Teach. Jakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Heo, M., & Toomey, N. (2020). Learning with multimedia: The effects of gender, type of multimedia learning resources, and spatial ability. Computers and Education, 146, 103747. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103747

Hua, T., Liang, C., Min, G., Li, K., & Chunxi Xiao. (2020). Generating video animation from single still image in social media based on intelligent computing. Journal of Visual Communication and Image Representation, 71, 102812. https://doi.org/10.1016/j.jvcir.2020.102812

M, C. S. D., & Qamaria, R. S. (2020). The Effectiveness of Google Classroom as English Learning Assistance. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 47-53. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i1.10

Mushtaq, I., Khan, S. N. 2012. Factors Affecting Students’ Academic Performance. Global Journal of Management and Business Research, 12 (9): 16-22.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.

Sulistiana, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Blimbing Kabupaten Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 127-133. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.50

Sugiyono. 2005. Statiska Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta CV

Syamsurizal, Rusdi, M dan Sastrawati, E. (2011). Problem Based Learning, Strategi Metakognisi, dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Tekno-Pedagogi Volume 1 Nomor 2, 2 September 2011 halaman 1-14. ISSN 2068-205X

Taufik. (2012). Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning di Program Studi Pendidikan Biologi PMIPA Universitas Jambi. Jurnal BIDIK Volume 1 Nomor 1, 1 Desember 2012 halaman 16-21

Wena, Made. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara

Widjajanti, B. D. (2011). Problem-Based Learning dan Contoh Implementasinya. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/PPM-PBL-%2010%20Maret%202011-Djamilah.pdf

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-06

How to Cite

Pratiwi, D. A., Ami, E., & Anwar, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 31–47. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.246