Meningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Model Pembelajaran Core Siswa Sekolah Menengah
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.293Keywords:
kemampuan, berfikir kreatif, model pembelajaran coreAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya rasa ingin tahu dari siswa dan daya kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah. Oleh karena itu akan dilaksanakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dengan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kalipucang pada materi segi empat. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes evaluasi kemampuan berfikir kreatif siswa. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan peningkatan dari siklus I ke siklus II, dimana pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa adalah 59,94 termasuk dalam kriteria cukup, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 83.33 termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa dari siklus I ke siklus II meningkat. Dalam pembelajaran siswa mengikuti instruksi, bersemangat dan aktif dalam berdiskusi sehingga penelitian ini dikatakan berhasil.
Downloads
References
Adawiyah, R. A. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran matematika di MI NU Tarbiyatuth Thullab Payaman Mejobo Kudus Tahun 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi Aksara.
As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., & Imron, Z. (2017). Matematika SMP/MTs kelas VII semester 2.
Ciptaningsih, R. (2013). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dengan model pembelajaran core (connecting, organizing, reflecting, extending) siswa kelas vii b mts muhammadiyah 05 tamansari (doctoral dissertation, universitas muhammadiyah purwokerto).
Deswita, R., Kusumah, Y. S., & Dahlan, J. A. (2018). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran CORE dengan pendekatan scientific. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35-43.
Fardah, D. K. (2012). Analisis proses dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam matematika melalui tugas open-ended. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 91-99.
Firosad, A. M. (2019). Pola Pengembangan Pendidikan Anak Berbakat. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 5(2), 133-146.
Handoyo, L. D. (2020). Service-Learning: Model pembelajaran inovatif untuk mengembangkan karakter peserta didik. Mendidik Generasi Milenial Cerdas Berkarakter, 223.
Hidayat, U. S. (2016). Model-Model Pembelajaran Efektif. Bina Mulia Publishing.
Konita, M., Asikin, M., & Asih, T. S. N. (2019, February). Kemampuan penalaran matematis dalam model pembelajaran connecting, organizing, reflecting, extending (CORE). In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 611-615).
Maftukhah, N. A., Nurhalim, K., & Isnarto, I. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Model Connecting Organizing Reflecting Extending Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Journal of Primary Education, 6(3), 267-276.
Nasution, I. S., & Samosir, B. S. (2018). Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending (CORE) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa di SMK Muhammadiyah 13 Sibolga. PeTeKa, 1(3), 213-221.
Nuriadin, I., & Perbowo, K. S. (2013). Analisis korelasi kemampuan berpikir kreatif matematik terhadap hasil belajar matematika peserta didik SMP Negeri 3 Lurangung Kuningan Jawa Barat. Infinity Journal, 2(1), 65-74.
Pilliang, Y. A. (2013). Budaya teknologi di Indonesia: kendala dan peluang masa depan. Jurnal Sosioteknologi, 12(28), 247-262..
Putra, H. D., Akhdiyat, A. M., Setiany, E. P., & Andiarani, M. (2018). Kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP di Cimahi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 47-53.
Qamaria, R. S. (2020). The Effectiveness of Google Classroom as English Learning Assistance. Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 47-53.
Tas’adi, R. (2019). Hakekat Dan Konsep Dasar Psikologi Pendidikan, Belajar Dan Pembelajaran Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 5(1), 103-113.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Haris Hajriyanto, Diar Veny Rahayu , Supratman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0