Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Games Dadu dan Kahoot terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Dwi Puspitasari Universitas Tanjungpura
  • Maria Ulfah Universitas Tanjungpura
  • Iwan Ramadhan Universitas Tanjungpura
  • Yohana Francisca Dina Rosa Wijayati SMA Negeri 7 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.295

Keywords:

pembelajaran problem based learning, media games dadu, kahoot, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada dasarnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah yakni menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media offline (permainan dadu sejarah) dan media online (kuis kahoot). Permasalahan dalam penelitian ini ditemukan pada saat pelaksanaan observasi awal Praktik Pengalaman Lapangan 2 yang terlaksana di SMA Negeri 7 Pontianak kelas X.B. Pada awal pembelajaran teridentifikasi kasus, antara lain peserta didik tidak mendengarkan materi yang disampaikan guru, peserta didik terlihat banyak yang menguap ketika pembelajaran berlangsung, selain itu, hasil profiling melalui asesmen diagnostik dari 36 peserta didik hanya ada 2 anak yang menyukai pembelajaran sejarah. Dari permasalahan tersebut memberikan dampak pada keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran sejarah kurang aktif. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan, untuk menghadapi kendala tersebut harus dapat menerapkan pembelajaran yang menarik, inovatif dan menyenangkan. Salah satu alternatif yang diterapkan dalam pembelajaran sejarah adalah dengan memadukan model dan media pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan adalah Problem Based Learning sedangkan media yang digunakan adalah offline (permainan dadu) dan online (Kahoot). Perpaduan model dan media ini memiliki potensi menjadikan pembelajaran sejarah menyenangkan dan berpusat pada peserta didik.

References

Hardiansyah, M. A., Ramadhan, I., Suriyanisa, S., Pratiwi, B., Kusumayanti, N., & Yeni, Y. (2021). Analisis perubahan sistem pelaksanaan pembelajaran daring ke luring pada masa pandemi COVID-19 di SMP. Jurnal Basicedu, 5(6), 5840-5852.

Mardiyanti, L. R., Imran, I., Ramadhan, I., Asriati, N., Al Hidayah, R., & Suriyanisa, S. (2023). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Model Blended Learning Berbasis Media Google Classroom. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5814–5821.

MILA, J. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iv Tema 2 Di Sdn 1 Kayuambon. FKIP UNPAS.

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 151–172.

Nawai, K., Imran, I. R., & Suriyanisa, D. (2023). Peran Orang Tua dalam Keberlangsungan Pendidikan Anak (Studi pada Masyarakat Perbatasan Malaysia di Desa Merakai Panjang Kabupaten Kapuas Hulu). Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 7(2), 216–224.

Partiwi, S. U. (2022). Meningkatkan Prestasi Belajar Sosiologi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Peserta Didik Kelas Xi Mipa 4 Sma Negeri 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 689–703.

Ramadhan, I., & Warneri, W. (2023). Migrasi Kurikulum: Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka pada SMA Swasta Kapuas Pontianak. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(2), 741–750.

Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–369. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1352

Ramadhan, I. (2023). Dinamika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Pada Aspek Perangkat Dan Proses Pembelajaran. Academy of Education Journal, 14(2), 622–634.

Ramadhan, I., Prancisca, S., & Imran, I. (2022). Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 10 Pontianak. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 76–88. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2421

Shalikhah, N. D. (2016). Pemanfaatan aplikasi Lectora Inspire sebagai media pembelajaran interaktif. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 11(1), 101–115.

Sulistiana, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Blimbing Kabupaten Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 127-133.

Ulmi, T. F. (2022). Konstruksi Harmonisasi Melalui Model Pembelajaran Ibk Berbasis Pendidikan Multikultural. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 534–542.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-30

How to Cite

Puspitasari, D., Ulfah, M., Ramadhan, I., & Wijayati , Y. F. D. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Games Dadu dan Kahoot terhadap Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 135–148. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.295