Peningkatan Minat Belajar Sosiologi melalui Penerapan Lumio Berbantuan Padlet di Kelas X Sekolah Menengah
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.376Keywords:
minat belajar sosiologi, lumio berbantuan padletAbstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran sosiologi dengan penerapan lumio berbantuan padlet di Kelas XF SMA Negeri 9 Pontianak. Metode yang digunakan adalah pendekatan inovatif dengan memanfaatkan lumio (platform pembelajaran digital) dan padlet (alat kolaboratif online). Lumio menyediakan video pembelajaran interaktif dan berbagai aktivitas pembelajaran, sedangkan padlet memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam berbagi ide dan berkolaborasi dengan teman sekelasnya. Kombinasi kedua platform ini menawarkan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara kepada siswa, yang mengungkap permasalahan mendasar yang menyebabkan kurangnya minat terhadap sosiologi, seperti materi pembelajaran yang tidak menarik dan keterlibatan siswa yang pasif. Dengan memanfaatkan lumio dan padlet, guru dapat menyajikan pembelajaran sosiologi dengan cara yang lebih menarik. Video yang relevan digunakan sebagai pembuka diskusi, dilanjutkan dengan aktivitas interaktif di Padlet. Kombinasi ini merangsang partisipasi aktif siswa dan memfasilitasi diskusi kelas, sehingga meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Penerapan lumio berbantuan padlet di Kelas XF SMA Negeri 9 Pontianak memberikan suasana belajar yang segar dan menyenangkan. Penggunaan teknologi dan platform kolaboratif ini selaras dengan preferensi siswa terhadap pembelajaran interaktif dan terhubung secara digital. Pendekatan inovatif ini memiliki potensi untuk mengubah persepsi siswa terhadap pendidikan sosiologi dan menumbuhkan suasana belajar yang positif.Downloads
References
Alfi Zahrah, N. (2023). Pemanfaatan Media Lumio By Smart Dalam Pembelajaran Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Jakarta Tahun Pelajaran 2023/2024. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Amin, S., & Ulviani, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Mata Pelajaran Interaksi Sosial ( Periklanan ) pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3. IJORER : International Journal of Recent Educational, 1(2), 169–177.
Ardana Yasa, I. K. D. C., Agung, A. A. G., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 104–112. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32523 DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32523
Budi Santoso, R. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Padlet Sebagai Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 478–485. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.166 DOI: https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.166
Budirahayu, T., & Saud, M. (2023). Pedagogical Innovation and Teacher Collaborations in Supporting Student Learning Success in Indonesia. Cogent Education, 10(2). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2271713 DOI: https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2271713
Dewi, E. M. P., Qamaria, R. S., Widiastuti, A. A., Widyatno, A., Marpaung, J., Ervina, I., ... & Suprihatin, T. (2024). Pendidikan Indonesia Di Era Globalisasi; Tantangan Dan Peluang. Nas Media Pustaka.
Hadi, N., Hanafi, S., & Suherman, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Mading Digital Padlet untuk Meningkatkan Motivasi dan Budaya Literasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8614–8625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3839 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3839
Iskandar. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII.2 di MTs Negeri Pinrang. In Institut Agama Islam Negri Parepare. IAIN Parepare.
Iwan Ramadhan. (2023). Kurikulum Merdeka : Proses Adaptasi dan Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas. Journal of Education Research, 4(4), 1846–1853.
Janah, S. W., Surani, D., & Fricticarani, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Lumio By Smart Pada Mata Pelajaran Aplikasi Pengolah Angka Dalam Meningkatkan Pola Pikir Kritis Siswa di Kelas VII MTs Al-Khairiyah Pipitan. Journal on Education, 06(01), 8041–8047. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4217 DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4217
Kurniasari, W., Murtono, M., & Setiawan, D. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Blended Learning Berbasis Pada Google Classroom. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 141–148. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.891 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.891
Lai’Mandi, W., Kurniawati, I. Y., Ilyas, M., & Sarniaty, S. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Pada Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 34–41.
Meilia Tarigan, A. (2023). Animasi Media Pembelajaran Pengenalan Huruf dan Angka Berbasis Android Menggunakan Metode RAD Studi Kasus: SDN 175740 Aeksiansimun. ANTIVIRUS: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 17(1), 68–77. DOI: https://doi.org/10.35457/antivirus.v17i1.2834
Melati, R., Yuliati, T., & Desyanti, D. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XII SMA N 4 Dumai. Jurnal Teknologi Komputer Dan Informasi, 11(2). DOI: https://doi.org/10.52072/jutekinf.v11i2.654
Minda G, A., Djoys A, R., & Lamhot, N. (2024). Analisis Teori Hirarki Kebutuhan A . Maslow Dalam Pemanfaatan Media Teknologi Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4595–4609. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/12877
Murdiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif : Metode Penelitian Kualitatif. In Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Press (Vol. 5, Issue January).
Nataliano, B. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Keaktifan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 114–122. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i2.764 DOI: https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i2.764
Nilawati, L. (2013). Kontribusi Teori Harapan “Vroom” dalam Penelitian Keperilakuan. E-Jurnal Ukrim Universtiy, 53(9), 1689–1699. http://www.e-jurnal.ukrimuniversity.ac.id/file/FEBIXI040106.pdf
Nurhasnawati. (2011). Model-Model Pembelajaran Konstruktivisme. An-Nida’, 36(2), 237–259.
Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sdn 1 Gamping. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373 DOI: https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373
Setiawan, B. (2023). Desain Pelatihan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Lintas Jenjang Pendidikan di Dinas Pendidikan Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 1–23. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.65625
Wijaya, C., & Syahrum, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas: Melejitkan Kemampuan Penelitian Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru (R. Ananda (ed.); 1st ed.).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Laditia Dilah Relawati, Iwan Ramadhan, Hainon Hainon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0