Peningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Penyebut Berbeda dengan Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas V

Authors

  • Adrianus Danang Setiawan Universitas PGRI Palembang
  • Aldila Fatmawati Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.375

Keywords:

peningkatan pembelajaran, metode kooperatif tipe make a match, pecahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan tipe Make a Match dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi “Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Penyebut Berbeda” kelas V SD Negeri 13 Air Kumbang. Penelitian ini menjadi penelitian yang sangat penting karena jika tidak terjadi perubahan dalam kegiatan pembelajaran maka hasil belajar siswa masih akan tetap rendah dan tujuan pembelajaran tidak akan tercapai. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus. Pada siklus 1 diperoleh hasil bahwa ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match masih mendapat persentase 69% dan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 89,7% dengan kategori tinggi. Dari hasil belajar yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa metode kooperatif tipe Make a Match pada materi operasi hitung pecahan penyebut berbeda dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 13 Air Kumbang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriliyani, P. A., Dantes, N., & Jayanta, I. N. L. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Model Make A Match Berbasis Lingkungan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 181–191. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25035

Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky : Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440

Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 247–264. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/82

Andi Sulistio, S.S, M. P. I., & Dr. Nik Haryanti, M. P. I. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). In Visipena Journal (Vol. 2, Issue 1).

Aripin, W. A., Sahidu, H., & Makhrus, M. (2021). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.29303/jppfi.v3i1.120

Dewi, A. M., Azzahra, A., Kamila, A. I., Ulya, N., Sari, L. K., Abdurrahman, U. I. N. K. H., & Pekalongan, W. (2003). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Indonesia. 20, 24–34.

Fauhah, H., & Rosy, B. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334

Hasil, M., & Siswa, B. (2020). Penggunaan Metode Make a Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 19–24. https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i1.4554

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683

Najib, B. A. M., Setyosari, P., & Soepriyanti, Y. (2018). MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN M Bagus Ainun Najib 1 , Punaji Setyosari 2 , Yerry Soepriyanto 3. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 29–34. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3242

Nuraini, N. L. S., Suhartono, S., & Yuniawantika, Y. (2016). Kesalahan Siswa Pada Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Di Kelas Vi Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(2), 168–175. https://doi.org/10.17977/um009v25i22016p168

Putri, E. N. D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 617–623. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.405

Ramadhani, M. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2237–2244. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1159

Sri Astutik, Subiki, & Singgih Bektiarso. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.5

Suci, M. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas VI SDN 1 Gondangkulon. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.41

Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4917

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Paper of Matematohir, 2(1), 1–2. https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/

Vivi Muliandari, P. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517

WANTI, N. I. (2022). Penerapan Model Make a Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 2(1), 44–50. https://doi.org/10.51878/social.v2i1.1086

Wijayanti, F. | D. C. | S. H. | M. | S. S. | J. M. | L. R. L. | H. K. R. | W. N. Y. | M. M. | T. | A. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap Dan Praktis. In Diterbitkan oleh Penerbit Adab CV. Adanu Abimata (Issue Mi).

Wijendra, I. W. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2), 240–246. https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30199

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-05-16

How to Cite

Setiawan, A. D., & Fatmawati, A. (2024). Peningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Penyebut Berbeda dengan Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas V. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 349–362. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.375

Issue

Section

Articles