Efektivitas Model RADEC Berbantuan Video Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.414Keywords:
model RADEC, video animasi, berpikir kritis, pembelajaran bahasa indonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran RADEC berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 3 sekolah dasar. Uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, sementara uji homogenitas varians memastikan bahwa varians antar kelompok homogen. Uji-t berpasangan mengkonfirmasi adanya perbedaan signifikan antara skor pre-test dan post-test, dengan nilai t = -15,903 dan signifikansi 0.000 < 0,05. Nilai N Gain 0,75 yang dapat diklasifikasikan meningkat dengan kategori tinggi dari intervensi ini. Model RADEC, dengan tahapan Read, Answer, Discuss, Explain, dan Create, terbukti efektif dalam mendorong pembelajaran aktif, meningkatkan pemahaman materi, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Integrasi video animasi dalam model RADEC juga memberikan kontribusi signifikan dalam memotivasi siswa dan membantu mereka memahami konsep yang kompleks. Penelitian ini menambah bukti empiris mengenai efektivitas model RADEC berbantuan video animasi dan memberikan rekomendasi bagi penerapan pendekatan ini dalam konteks pendidikan dasar.
Downloads
References
Adriana, A., Sulfasyah, S., & Rukli, R. (2022). Comparison of RADEC Learning Model and SQ3R Learning Model on Reading Interest of Elementary School Students. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(3), 941–951. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v23i3.pp941-951
Agustin, M., Pratama, Y. A., Sopandi, W., & Rosidah, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Radec Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Pgsd. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2672
Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assessment. Theory Into Practice, 32(3), 179–186. https://doi.org/10.1080/00405849309543594
Hadijah, I., Supadmi Irianti, A. H., Aini, N., Pradani, R. Y., Sapitra Ilyasari, N. I., & Dwi Anggraini, W. S. (2022). Development of Innovative Learning Media Based on Video Applications in the Introduction to the Usage of Sewing Tools Course for Fashion Students in the State University of Malang. International Journal of Scientific Research and Management. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v10i4.ec06
Hadijah, S., Shalawati, S., Astuti, M. T., & Hidayati, A. N. (2022). Designing and Developing Video as an Instructional Media in English Language Teaching Setting. Lectura Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.31849/lectura.v13i2.10185
Handayani, H., Sopandi, W., Syaodih, E., Suhendra, I., & Hermita, N. (2019). RADEC: An Alternative Learning of Higher Order Thinking Skills (HOTs) Students of Elementary School on Water Cycle. Journal of Physics Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1351/1/012074
Khasanah, A. N., Widoretno, S., & Sajidan, S. (2017). Effectiveness of Critical Thinking Indicator-Based Module in Empowering Student’s Learning Outcome in Respiratory System Study Material. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.8490
Lestari, H., Ali, M., Sopandi, W., Wulan, A. R., & Rahmawati, I. (2022). The Impact of the RADEC Learning Model Oriented ESD on Students’ Sustainability Consciousness in Elementary School. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(2), 113–122. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.02.11
Pohan, A. A., Abidin, Y., & Sastromiharjo, A. (2020). Model Pembelajaran RADEC dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV, 496, 250–258.
Pratama, Y. A., Sopandi, W., & Hidayah, Y. (2019). RADEC Learning Model (Read-Answer-Discuss-Explain and Create): The Importance of Building Critical Thinking Skills in Indonesian Context. International Journal for Educational and Vocational Studies. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i2.1379
Sakdiah, Y. A., Mukhayat, A., & Pradana, K. C. (2023). The Influence of RADEC Learning (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) Assisted by Media Handouts and Students’ Curiosity on the Ability to Understand Mathematical Concepts. Ensiklopedia Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai. https://doi.org/10.24967/esp.v3i01.1850
Samsudin, A., & Firdaus, A. R. (2022). The Effectiveness of The Read, Answer, Discuss, Explain, and Create (RADEC) Learning Model Assisted by Flashcard Media in Improving Students’ Understanding of Science Concepts in Elementary School. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 367–374. https://doi.org/10.30868/ei.v11i4.3633
Setiawan, D., Sopandi, W., & Hartati, T. (2019). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dan Penguasaan Konsep Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model Pembelajaran RADEC. Premiere Educandum Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4922
Setiawan, D., Sopandi, W., & Hartati, T. (2020). The Influence of Read, Answer, Disscuss, Explain, and Create (RADEC) Learning Model on the Concept Mastery of Elementary School Students on the Water Cycle Topic. Journal of Physics Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042113
Sopandi. W. (2017). The quality improvement of learning processes and achievements through the read-answer-discuss-explain-and create learning model implementation. Proceeding 8th Pedagogy International Seminar 2017: Enhancement of Pedagogy in Cultural Diversity Toward Excellence in Education, 8(229), 132–139.
Sopandi, W. (2019). Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Guru-Guru Pendidikan Dasar dan Menengah. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 19–34. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1853
Sucilestari, R., & Arizona, K. (2020). The Impact of Inquiry-Based Learning on Students’ Critical Thinking Skills. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200220.031
Sukardi, R. R., Sopandi, W., Riandi, -, Beeth, M. E., & Shidiq, A. S. (2022). What Creative Ideas Came Up About Global Warming in RADEC Online Class? Asia Pacific Journal of Educators and Education. https://doi.org/10.21315/apjee2022.37.2.4
Sukmawati, W., & Zulherman, Z. (2023). Analysis of Changes in Students’ Scientific Literacy Ability After Attending Lectures Using the RADEC Model. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2846
Suryani, Y., Nurfadilah, E., Setiawan, I., & Suhartini, C. (2021). The Effect of Round Table Cooperative Learning Model and Learning Motivation on Students’ Critical Thinking Skills. https://doi.org/10.4108/eai.12-12-2020.2304979
Tuckman, B. W., & Harper, B. E. (2012). Conducting Educational Research. In American Educational Research Journal (Six, Vol. 10, Issue 4). Rowman & Littlefi eld Publishers, Inc.
Tulljanah, R., & Amini, R. (2021). Model Pembelajaran RADEC sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Systematic Review. Jurnal Basicedu, 5(6), 5508–5519. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1680
Wandani, R. W., Sopandi, W., Sujana, A., & Rosmiati, I. (2022). The Effectiveness of the RADEC Learning Model Assisted by Digital Comics Media on Students Learning Outcomes and Interest in Learning. Proceeding The 4th International Conference on Elementary Education, 4(1), 721–729. http://proceedings2.upi.edu/index.php/icee/article/view/2047
Yohana, I., Sopandi, W., & Wahyu, W. (2022). The Urgency of Implementation RADEC Learning Model to Understanding of Three Levels Representation in Chemistry Learning: Literature Review. Journal of Educational Sciences, 6(2), 286–293. https://doi.org/10.31258/jes.6.2.p.286-293
Yulianti, Y., Lestari, H., Rahmawati, I., Agama, I., & Sahid, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Radec Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 47–56. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1915
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alia Nur Husna Afandi, Yeni Pusnawati, Ade Eka Anggraini, Radeni Sukma Indra Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0