Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Presentation untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Kelas VI SDN Pulerejo 02 Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.43Keywords:
Media Power Point Presentation, Meningkatkan hasil belajar, Globalisasi dan ManfaatnyaAbstract
Tuntutan masyarakat yang semakin besar terhadap pendidikan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, membuat pendidikan tidak mungkin lagi dikelola hanya dengan melalui pola lama Berdasarkan pengamatan pada waktu observasi, kenyataan di lapangan pada pembelajaran Tematik khususnya pada Subtema Globalisasi dan Manfaataya di kelas VI SDN Pulerejo 02 Kabupaten Tulungagung kurang optimal dalam memanfaatkan maupun memberdayakan sumber belajar. Pembelajaran Tematik di kelas VI tersebut cenderung masih konvensional, pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered), text book, dan sedikit media. Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dalam setiap penyampaian materi pelajaran Tematik. Oleh karena itu, peneliti mencoba memanfaatkan media powerpoint pada pembelajaran Subtema Globalisasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada masing-masing siklus dilakukan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Pulerejo 02 dengan jumlah siswa 20 anak. Berdasarkan data observasi, angket, dan hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Power Point Presentation dapat mengoptimalkan pembelajaran di kelas, salah satunya meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Mayasari, Ika. 2018. “Penggunaan Media Pembelajaran (Power Point) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII SMP Unismuh Makassar.” Universitas Muhammadiyah Makassar.
Mojib, A. 2017. "Pembelajaran dengan Menggunakan Media Power Point Presentation." Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang.
NST, Agustina Mansiah. 2020. “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Power Point dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tanjung Jabung Timur Skripsi.” UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Sudjana, N. 2014. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Murjoko Murjoko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0