Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Presentation untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Kelas VI SDN Pulerejo 02 Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung

Authors

  • Murjoko Murjoko SDN Pulerejo 02 Kabupaten Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.43

Keywords:

Media Power Point Presentation, Meningkatkan hasil belajar, Globalisasi dan Manfaatnya

Abstract

Tuntutan masyarakat yang semakin besar terhadap pendidikan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, membuat pendidikan tidak mungkin lagi dikelola hanya dengan melalui pola lama Berdasarkan pengamatan pada waktu observasi, kenyataan di lapangan pada pembelajaran Tematik khususnya pada Subtema Globalisasi dan Manfaataya di kelas VI SDN Pulerejo 02 Kabupaten Tulungagung kurang optimal dalam memanfaatkan maupun memberdayakan sumber belajar. Pembelajaran Tematik di kelas VI tersebut cenderung masih konvensional, pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered), text book, dan sedikit media. Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dalam setiap penyampaian materi pelajaran Tematik. Oleh karena itu, peneliti mencoba memanfaatkan media powerpoint pada pembelajaran Subtema Globalisasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan  kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada masing-masing siklus dilakukan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,  dan  refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN  Pulerejo 02 dengan jumlah siswa 20 anak. Berdasarkan data observasi, angket, dan hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Power Point Presentation dapat mengoptimalkan pembelajaran di kelas, salah satunya meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Mayasari, Ika. 2018. “Penggunaan Media Pembelajaran (Power Point) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII SMP Unismuh Makassar.” Universitas Muhammadiyah Makassar.

Mojib, A. 2017. "Pembelajaran dengan Menggunakan Media Power Point Presentation." Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang.

NST, Agustina Mansiah. 2020. “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Power Point dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tanjung Jabung Timur Skripsi.” UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Sudjana, N. 2014. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-02-01

How to Cite

Murjoko, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Presentation untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Kelas VI SDN Pulerejo 02 Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 17–21. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.43