Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bagian Tumbuhan melalui Metode STAD di Kelas IV SDN 1 Joho Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.44Keywords:
hasil belajar, materi, metode STADAbstract
Materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di tingkat Sekolah Dasar cukup luas. Pada proses pembelajaran perlu adanya bantuan media konkret untuk merangsang anak terlibat secara aktif dan bersemangat dalam kegiatan individu atau kelompok. Pada kegiatan pembelajaran peneliti menemukan bahwa tingkat pemahaman tentang bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya siswa kelas IV SD Negeri 1 Joho masih rendah dikarenakan guru menjelaskan dengan ceramah dan contoh yang abstrak sehingga siswa kesulitan memahaminya. Berdasarkan temuan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah melakukan pemecahan masalah melalui penerapan metode STAD (Student Teams Achievement Divisions). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada masing -masing siklus dilakukan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Joho dengan jumlah siswa 19 anak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan secara sistematis dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya yang menerapkan pembelajaran dengan penerapan metode STAD dapat mengoptimalkan pembelajaran di kelas. Salah satunya meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siklus I sebesar 65 % meningkat menjadi 96 % pada siklus II atau mengalami peningkatan 31 %. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode STAD ini termasuk metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Lubis, Maulana Arafat. 2020. Pembelajaran Tematik SD/MI. Prenada Media.
Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas . Ciputat : Gaung Persada.
Simarmata, Janner, Rika Aida Hanum, Dewi Situmorang, Maria Sitorus, Riska Arifin Lubis, Nurul Fazila, Nur Fadilah, Kharisma Paramita, Karen Nathashiah Hasibuan, Rani Sartika Sembiring, and others. 2020. Elemen-Elemen Multimedia Untuk Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Slavin, R. E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Trianto. 2007. Model – model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Febriani Nur Fatimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0