Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bagian Tumbuhan melalui Metode STAD di Kelas IV SDN 1 Joho Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk

Authors

  • Febriani Nur Fatimah SD Negeri 1 Joho

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.44

Keywords:

hasil belajar, materi, metode STAD

Abstract

Materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di tingkat Sekolah Dasar cukup luas.  Pada proses pembelajaran perlu adanya bantuan media konkret untuk merangsang anak terlibat secara aktif dan bersemangat dalam kegiatan individu atau kelompok. Pada kegiatan pembelajaran peneliti menemukan bahwa tingkat pemahaman tentang bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya siswa kelas IV SD Negeri 1 Joho masih rendah dikarenakan guru menjelaskan dengan ceramah dan contoh yang abstrak sehingga siswa kesulitan memahaminya. Berdasarkan temuan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah melakukan pemecahan masalah melalui penerapan metode STAD (Student Teams Achievement Divisions). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada masing -masing siklus dilakukan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Joho dengan jumlah siswa 19 anak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan secara sistematis dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  dengan materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya yang menerapkan pembelajaran dengan penerapan metode STAD dapat mengoptimalkan pembelajaran di kelas. Salah satunya meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siklus I sebesar 65 % meningkat menjadi 96 % pada siklus II  atau mengalami peningkatan 31 %. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode STAD ini termasuk metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

References

Lubis, Maulana Arafat. 2020. Pembelajaran Tematik SD/MI. Prenada Media.

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas . Ciputat : Gaung Persada.

Simarmata, Janner, Rika Aida Hanum, Dewi Situmorang, Maria Sitorus, Riska Arifin Lubis, Nurul Fazila, Nur Fadilah, Kharisma Paramita, Karen Nathashiah Hasibuan, Rani Sartika Sembiring, and others. 2020. Elemen-Elemen Multimedia Untuk Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Slavin, R. E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Trianto. 2007. Model – model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-02-01

How to Cite

Fatimah, F. N. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bagian Tumbuhan melalui Metode STAD di Kelas IV SDN 1 Joho Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 62–67. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.44