Peningkatan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik dengan Problem based learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.453Keywords:
kemampuan komunikasi interpersonal, problem based learning, PPKnAbstract
Kesulitan dalam keterampilan komunikasi interpersonal dapat menghambat perkembangan siswa secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa melalui model Problem based learning dalam konteks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas, penelitian ini melibatkan 34 siswa kelas sepuluh SMAN 7 Malang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang dibagikan kepada seluruh peserta, dilengkapi dengan observasi langsung untuk menilai karakteristik siswa dan lingkungan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan komunikasi interpersonal siswa, data menunjukkan rata-rata peningkatan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 81% mencapai tingkat yang sangat tinggi. Oleh karena itu, optimalisasi Pembelajaran Berbasis Masalah sangat penting sebagai strategi untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa untuk pembangunan kehidupan berkelanjutan.
Downloads
References
Aini et al. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem based learning Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Gaya. https://doi.org/10.21009/JPD.010.07
Arfiyani et al. (2021). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Siswa Kelas 3 Tema 6 Subtema 2 Melalui Model PBL di SDI Al Umar Ngargosoka. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(3). https://jurnal.educ3.org/index.php
Atminingsih et al. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung.
Aulia et al. (2018). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Lisan Melalui Metode Storytelling (Vol. 3, Nomor 4). http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/
Aw. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Komunikasi Interpersonal.
Awi et al. (2016). Peranan Komunikasi Antar Pribadi Dalam Menciptakan Harmonisasi Keluarga Di Desa Kimaam Kabupaten Merauke. Dalam Acta Diurna (Nomor 2).
Effendi et al. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem based learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846
Fitriyah et al. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Problem based learning (PBL) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 1957–1970. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.718
Hamia. (2021). Keterampilan Komunikasi Peserta Didik : Studi Kasus Pada Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Sidrap.
Hendriyani. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Dengan Media Lembar Kerja Peserta Didik Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI Materi Kesetimbangan Di SMAN 2 Labuapi Tahun Ajaran 2017/2018.
Hermawan et al. (2022). OPTIMIZATION OF IMPROVING ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) THROUGH PERSONALITY STRENGTHENING, INTERPERSONAL COMMUNICATION, AND ORGANIZATIONAL JUSTICE Article History. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 3(3), 2715–2985. https://doi.org/10.30596%2Fijems.v3i3.12105
Kiranadewi et al. (2021). Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Problem based learning Dengan Model Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PPKn. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 1–7.
Kurniawan et al. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar PPKn. Dalam Jurnal Civics (Vol. 14, Nomor 1).
Mayasari et al. (2016). APAKAH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING MAMPU MELATIHKAN KETERAMPILAN ABAD 21? http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/JPFK
Minarsi et al. (2017). Kontribusi Motivasi Menyelesaikan Masalah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Strategi Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 1–14. https://doi.org/10.29210/02017113
Nabila et al. (2021). Komunikasi Interpersonal Tentang Pembentukan Konsep Diri Remaja Pada Korban Perundungan Interpersonal Communication About The Formation Of Adolescent Self-Concept In Victims Of Bullying. eProceedings of Management, 8(6).
Naikofi et al. (2022). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem based learning Pada Materi Perubahan Materi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta
Nasri et al. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem based learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 10(1), 140–148. https://doi.org/10.25273/jems.v10i1.12051
Padilah et al. (2021). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 5(2), 133–140.
Puspitasari, D., Ulfah, M., Ramadhan, I., & Wijayati, Y. F. D. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning (PBL) dengan Media Games Dadu dan Kahoot terhadap Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 135-148. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.295
Putra et al. (2018). Pengaruh Youtube di Smartphone Terhadap Perkembangan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2), 159–172. https://doi.org/10.20422/jpk.v21i2.589
Qamaria, R. S. (2023). Penerapan Social Skills Training (SST) untuk Meningkatkan Social Skill Performance pada Anak. Happiness: Journal of Psychology and Islamic Science, 7(1), 25-38.
Rahmawati et al. (2019). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Melalui Teknik Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas Viii SMP Negeri 1 Wates dan SMP Negeri 3 Wates Yogyakarta. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 19(2), 236-246. Dalam Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari (Vol. 19, Nomor 2). http://dx.doi.org/10.22373/jid.v19i2.5035
Rahmawati et al. (2022). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI MIPA SMA N 2 Rembang (Vol. 4).
Risfalidah et al. (2019). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI DISPOSISI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS.
Rokhmah et al. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Berbasis Komputer untuk Pembelajaran Sistem Periodik Unsur Kelas X SMA.
Saharsa et al. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2). http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika
Siamian, H., BagheriNesami, M., Nia, R., Nezhad, F., Akbari, H., Balaghafari, A., & Vahdei, M. (2014). Assessment of Interpersonal Communication Skills Among Sari Health Centers’ Staff. Materia Socio Medica, 26(5), 324. https://doi.org/10.5455/msm.2014.26.324-328
Suhanti, I., & Noorrizki, R. (2020). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa UM. https://www.researchgate.net/publication/340885193
Suhendar et al. (2018). JDPP Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA (Vol. 6). http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index
Yanti. (2017). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUBUKLINGGAU. Dalam Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia (Vol. 2, Nomor 2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fahdian Rahmandani, Novia Rista Kurniawati, Trisakti Handayani, Mohamad Rifqi Hamzah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0