Peningkatan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik dengan Problem based learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Authors

  • Fahdian Rahmandani Universitas Muhammadiyah Malang
  • Novia Rista Kurniawati Universitas Muhammadiyah Malang
  • Trisakti Handayani Universitas Muhammadiyah Malang
  • Mohamad Rifqi Hamzah Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.453

Keywords:

kemampuan komunikasi interpersonal, problem based learning, PPKn

Abstract

Kesulitan dalam keterampilan komunikasi interpersonal dapat menghambat perkembangan siswa secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa melalui model Problem based learning dalam konteks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas, penelitian ini melibatkan 34 siswa kelas sepuluh SMAN 7 Malang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang dibagikan kepada seluruh peserta, dilengkapi dengan observasi langsung untuk menilai karakteristik siswa dan lingkungan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan komunikasi interpersonal siswa, data menunjukkan rata-rata peningkatan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 81% mencapai tingkat yang sangat tinggi. Oleh karena itu, optimalisasi Pembelajaran Berbasis Masalah sangat penting sebagai strategi untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa untuk pembangunan kehidupan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini et al. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem based learning Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Gaya. https://doi.org/10.21009/JPD.010.07

Arfiyani et al. (2021). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Siswa Kelas 3 Tema 6 Subtema 2 Melalui Model PBL di SDI Al Umar Ngargosoka. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(3). https://jurnal.educ3.org/index.php

Atminingsih et al. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung.

Aulia et al. (2018). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Lisan Melalui Metode Storytelling (Vol. 3, Nomor 4). http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/

Aw. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Komunikasi Interpersonal.

Awi et al. (2016). Peranan Komunikasi Antar Pribadi Dalam Menciptakan Harmonisasi Keluarga Di Desa Kimaam Kabupaten Merauke. Dalam Acta Diurna (Nomor 2).

Effendi et al. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem based learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846

Fitriyah et al. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Problem based learning (PBL) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 1957–1970. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.718

Hamia. (2021). Keterampilan Komunikasi Peserta Didik : Studi Kasus Pada Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Sidrap.

Hendriyani. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Dengan Media Lembar Kerja Peserta Didik Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI Materi Kesetimbangan Di SMAN 2 Labuapi Tahun Ajaran 2017/2018.

Hermawan et al. (2022). OPTIMIZATION OF IMPROVING ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) THROUGH PERSONALITY STRENGTHENING, INTERPERSONAL COMMUNICATION, AND ORGANIZATIONAL JUSTICE Article History. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 3(3), 2715–2985. https://doi.org/10.30596%2Fijems.v3i3.12105

Kiranadewi et al. (2021). Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Problem based learning Dengan Model Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PPKn. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 1–7.

Kurniawan et al. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar PPKn. Dalam Jurnal Civics (Vol. 14, Nomor 1).

Mayasari et al. (2016). APAKAH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING MAMPU MELATIHKAN KETERAMPILAN ABAD 21? http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/JPFK

Minarsi et al. (2017). Kontribusi Motivasi Menyelesaikan Masalah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Strategi Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 1–14. https://doi.org/10.29210/02017113

Nabila et al. (2021). Komunikasi Interpersonal Tentang Pembentukan Konsep Diri Remaja Pada Korban Perundungan Interpersonal Communication About The Formation Of Adolescent Self-Concept In Victims Of Bullying. eProceedings of Management, 8(6).

Naikofi et al. (2022). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem based learning Pada Materi Perubahan Materi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta

Nasri et al. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem based learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 10(1), 140–148. https://doi.org/10.25273/jems.v10i1.12051

Padilah et al. (2021). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 5(2), 133–140.

Puspitasari, D., Ulfah, M., Ramadhan, I., & Wijayati, Y. F. D. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning (PBL) dengan Media Games Dadu dan Kahoot terhadap Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 135-148. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.295

Putra et al. (2018). Pengaruh Youtube di Smartphone Terhadap Perkembangan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2), 159–172. https://doi.org/10.20422/jpk.v21i2.589

Qamaria, R. S. (2023). Penerapan Social Skills Training (SST) untuk Meningkatkan Social Skill Performance pada Anak. Happiness: Journal of Psychology and Islamic Science, 7(1), 25-38.

Rahmawati et al. (2019). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Melalui Teknik Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas Viii SMP Negeri 1 Wates dan SMP Negeri 3 Wates Yogyakarta. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 19(2), 236-246. Dalam Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari (Vol. 19, Nomor 2). http://dx.doi.org/10.22373/jid.v19i2.5035

Rahmawati et al. (2022). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI MIPA SMA N 2 Rembang (Vol. 4).

Risfalidah et al. (2019). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI DISPOSISI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS.

Rokhmah et al. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Berbasis Komputer untuk Pembelajaran Sistem Periodik Unsur Kelas X SMA.

Saharsa et al. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2). http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Siamian, H., BagheriNesami, M., Nia, R., Nezhad, F., Akbari, H., Balaghafari, A., & Vahdei, M. (2014). Assessment of Interpersonal Communication Skills Among Sari Health Centers’ Staff. Materia Socio Medica, 26(5), 324. https://doi.org/10.5455/msm.2014.26.324-328

Suhanti, I., & Noorrizki, R. (2020). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa UM. https://www.researchgate.net/publication/340885193

Suhendar et al. (2018). JDPP Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA (Vol. 6). http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index

Yanti. (2017). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUBUKLINGGAU. Dalam Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia (Vol. 2, Nomor 2).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-11-02

How to Cite

Rahmandani, F., Kurniawati, N. R., Handayani, T., & Hamzah, M. R. (2024). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik dengan Problem based learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 5(1), 66–77. https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.453