Peningkatan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan Strategi Teams Games Tournament dengan Media Berbasis ICT “Wordwall”

Authors

  • Oktafirdayanti Afifatimah Universitas PGRI Madiun
  • Muhammad Hanif Universitas PGRI Madiun
  • Dwi Bambang Tulus Pribadi SMP Negeri 6 Madiun

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.457

Keywords:

teams games tournament, minat belajar, wordwall

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan strategi teams games tournament dengan media berbasis ICT Wordwall pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 6 Madiun tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah keseluruhan sebanyak 32 siswa. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif. Tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus siswa yang memiliki minat belajar berjumlah 7 siswa dengan persentase 21,875%. Kemudian, pada siklus I meningkat menjadi 18 siswa dengan persentase 56,25%. Kemudian, meningkat secara signifikan pada siklus II menjadi 28 siswa dengan persentase 87,5%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi teams games tournament dengan media berbasis ICT wordwall dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 6 Madiun pada proses pembelajaran Pendidikan Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu Pramesti, A., & Suci Qamaria, R. (2022). Penerapan Komunikasi Terapeutik dengan Media Flash Card pada Anak yang Mengalami Down Syndrome. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 159–169. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.92

Dewi, P. T. (2023). Motivasi Belajar Peserta Didik Pasca Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 5(1), 12–24. https://doi.org/10.52483/ijsed.v5i1.96

Dewi, E. M. P., Qamaria, R. S., Widiastuti, A. A., Widyatno, A., Marpaung, J., Ervina, I., ... & Suprihatin, T. (2024). Pendidikan Indonesia Di Era Globalisasi; Tantangan Dan Peluang. Nas Media Pustaka.

Farkhah, S. A., Prasetyo, A. K., & Setiani, K. E. (2023). Model TGT Berbantu Media Kotak Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 408–421. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1106

Haryanto, S., Zahra, R., Merakati, I., Hanafiah, H., Haryati, H., Nuwrun Thasimmim, S., & Arifianto, T. (2024). Pembelajaran Berbasis Game: Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Menarik Dengan Teknologi. Communnity Development Journal, 5(1), 868–883. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24930

Heriati, A., Samputri, S., & Murniah, M. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII.7 SMP Negeri 1 Makassar Melalui Penerapan Metode TGT Berbantuan Quizziz. JP-3 : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran Peningkatan, 6(2), 1585–1592. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i2.1310

Jannah, F., Fathuddin, T. I., & Az Zahra, P. F. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar 2022. Al Yazidiy: Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Pendidikan, 4(2), 55–65. https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.36

Lestari, R. Y., Rohmayati, T., Nandiny, S., Fadhila, M. Z., & Rizkya, A. A. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament ( TGT ) dalam Peningkatan Minat Belajar Mata Pelajaran PPKn. BERSATU : Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(6), 301–312. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i6.482

Mattarima, S. M. U., Afifi, N., & Qamaria, R. S. (2022). English Study Club: How Students' Mental Attributes Reflect Their Motivation. Celtic: A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature and Linguistics, 9(1), 120-134. https://doi.org/10.22219/celtic.v9i1.18975

Ngatiyem, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(2), 149–157. https://doi.org/10.51878/action.v1i2.637

Nur’aeni, N., & Hasanudin, E. H. I. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament Berbasis Media Digital Blooket untuk Mengembangkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 259–273. https://doi.org/10.46963/ asatiza.v4i3.982

Panjaitan, N. A., & Suriadi, A. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Dengan Metode Belajar Sambil Bermain. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(1), 126–130. https://doi.org/10.58466/literasi.v3i1.888

Pratiwi, M. P., Masfuah, S., & Ermawati, D. (2023). Penerapan Model TGT Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV SD. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1750–1763. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2724

Qamaria, R. S., & Astuti, F. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Remaja Melalui Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management. Proyeksi, 18(1), 1-22. http://dx.doi.org/10.30659/jp.18.1.1-22

Rizki, D., Rahmawati, N., Widodo, S. T., Wahyuni, N. I., & Rifqi, A. (2023). Pemanfaatan Wordwall dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SD Negeri Gisikdrono 02. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 09(05), 1812–1825. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2135

Rizqi, M. D. A., & Mulyawati, I. (2023). Pengaruh model pembelajaran TGT (team games tournament) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada mata pelajaran PPKn materi keragaman sosial dan budaya di SDN Jatiranggon II. COLLASE : Creative of Learning Students Elementary Education, 06(01), 131–136. https://doi.org/10.22460/collase.v1i1.16373

Salsabila, I., Novitasari, M., & Stiyani, D. F. M. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Sikap Gotong Royong dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas VI SD Negeri Kleco 1 Surakarta. FONDATIA : Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 381–394. https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i2.4766

Sardi, A., Ahmad, A. K., & Rauf, F. A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar PKn Tentang Keragaman Suku dan Agama di Negeriku Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). AL-IRSYAD: Journal of Education Science, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.58917/aijes.v1i1.1

Sudiana, I. N. (2023). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar PPKn melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament. Journal of Education Action Research, 7(1), 99–105. https://doi.org/10.23887/jear.v7i1.52519

Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, II, 43–48. https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p43-48

Syaifudin, S. (2021). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Teori dan Aplikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Arab). Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–17. https://doi.org/10.37567/borneo.v1i2.440

Widiastuti, N. E. (2021). Lunturnya Sikap Nasionalisme Generasi Milenial Terhadap Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. IJSED : Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 3(2), 80–86. https://doi.org/10.52483/ijsed.v3i2.44

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-11-02

How to Cite

Afifatimah, O., Hanif, M., & Pribadi, D. B. T. (2024). Peningkatan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan Strategi Teams Games Tournament dengan Media Berbasis ICT “Wordwall”. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 5(1), 53–65. https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.457