Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V/A di SDN Ambulu 01 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Eka Andriani SDN Ambulu 01

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.46

Keywords:

model pembelajaran, Creative Problem Solving (CPS), hasil belajar

Abstract

Pembelajaran berkualitas merupakan proses belajar yang melibatkan siswa secara aktif dan kreatif, sehingga dapat  tercipta suasana belajar lebih bersemangat dan menyenangkan. Guru dituntut untuk merencanakan suatu strategi pembelajaran yang efektif dan efiisen.  Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran melalui model kooperatif tipe Creative Problem Solving (CPS) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V/A pada materi jaring-jaring kubus dan balok di SD Negeri Ambulu 01 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu rencana tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan data observasi diperoleh hasil peningkatan hasil belajar pada siswa kelas V/A SD Negeri Ambulu 01 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Creative Problrm Solving (CPS) pada materi jaring-jaring kubus dan balok. Hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 59,78,  pada siklus I sebesar 62,17. Sedangkan pada siklus II sebesar 85,65.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdikbud. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar untuk SD Dan MI. Jakarta: Dirjen dikdasmen.

Jarmita, Nida. 2012. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang.” JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran 13(1).

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Qamaria, Rezki Suci and others. 2020. “The Effectiveness of Google Classroom as English Learning Assistance.” Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):47–53.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Suyadi, H. M. Suyadi H. M. 2012. “Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Kooperatif Model Learning Together Pada Siswa Kelas Viif Smp Negeri 21 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012.” Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran 6(2).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-02-01

How to Cite

Andriani, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V/A di SDN Ambulu 01 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 40–51. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.46