Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V/A di SDN Ambulu 01 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.46Keywords:
model pembelajaran, Creative Problem Solving (CPS), hasil belajarAbstract
Pembelajaran berkualitas merupakan proses belajar yang melibatkan siswa secara aktif dan kreatif, sehingga dapat tercipta suasana belajar lebih bersemangat dan menyenangkan. Guru dituntut untuk merencanakan suatu strategi pembelajaran yang efektif dan efiisen. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran melalui model kooperatif tipe Creative Problem Solving (CPS) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V/A pada materi jaring-jaring kubus dan balok di SD Negeri Ambulu 01 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu rencana tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan data observasi diperoleh hasil peningkatan hasil belajar pada siswa kelas V/A SD Negeri Ambulu 01 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Creative Problrm Solving (CPS) pada materi jaring-jaring kubus dan balok. Hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 59,78, pada siklus I sebesar 62,17. Sedangkan pada siklus II sebesar 85,65.
Downloads
References
Depdikbud. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar untuk SD Dan MI. Jakarta: Dirjen dikdasmen.
Jarmita, Nida. 2012. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang.” JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran 13(1).
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Qamaria, Rezki Suci and others. 2020. “The Effectiveness of Google Classroom as English Learning Assistance.” Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):47–53.
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Suyadi, H. M. Suyadi H. M. 2012. “Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Kooperatif Model Learning Together Pada Siswa Kelas Viif Smp Negeri 21 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012.” Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran 6(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Eka Andriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0