Peningkatan Kreativitas Belajar Peserta Didik Pendidikan Agama Kristen melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Window Shopping
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.462Keywords:
kreativitas, belajar, window shoppingAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar peserta didik kelas VIII C dan VIII D Sekolah menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 kota Kupang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dengan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian mencakup tingkat kreativitas peserta didik selama aktivitas belajar mengajar berlangsung. Subjek penelitian kelas VIII C dan VIII D SMPN 2 kota Kupang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Pelaksanaan pada semester 2 tahun ajaran 2023/2024 yaitu pada bulan Mei sampai dengan Juli 2024. Temuan penelitian menunjukkan bahwa adanya kemajuan yang signifikan pada kreativitas belajar peserta didik. Peningkatan kreativitas belajar peserta didik ditinjau melalui 4 indikator kreativitas menunjukkan pada siklus I rata-rata 66,76% dengan kategori cukup dan siklus II rata-rata 88,34% kategori baik. Maka kreativitas belajar peserta didik mencapai hasil yang signifikan.
Downloads
References
Andani. (2022). Hubungan Kreativitas Guru Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas X Akuntansi SMK Ma’aruf Nu 1 Purbolinggo Kab. Lampung Timur. Skripsi, Pendidikan Agama islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Arikunto. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisis 3). Jakarta: Bumi aksara.
Boiliu, N. I. (2016). Misi Pendidikan Agama Kristen Dan Problem Moralitas Anak. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 115–140.
Harimurti, & Febriarko. (2024). Psikologi Kontemporer Risalah Teoretis dan Praktis Psikologi Masa Kini. Yogyakarta: Sanata Dharma university Press.
Kemdikbud. (2022). Pulihkan Pembelajaran Mendikbudristek Luncurkan Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar. Siaran Pers Kemendikbudristek.
Kemdikbud. (2023). Kurikulum merdeka dorong pembelajran yang berpusat pada siswa. Kemdikbud.Go.Id.
Kemendikbud. (2020). Merdeka belajar episode 15, kurikulum merdeka dan platform merdeka mengajar [Video recording].
Kenedi. (2017). Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di kelas II SMPN 3 Pokan IV Koto. Jurnal Pendidikan Sosial, Sains Dan Humaniora, 3(2), 247–329.
Martini. (2022). Model pembelajaran kooperatif tipe window shopping dalam pembelajaran seni tari. Joglojateng.
Mustopa. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Melalui Pendetakan Saintifik Model Pembelajaran Window Shopping (kunjungan Galeri) Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMPN 1 Praya. Jurnal Sosial Dan Pendidikan, 4(2), 146–154.
Nurfadila, Ahmad, H., & Ali P, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Window Shopping terhadap Kreativitas Matematika Siswa. Journal Peqguruang : Conference Series, 4(1), 290–295. https://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2455
Oci. (2016). Kreativitas Belajar. Jurnal Teologi Sanctum Domine, 4(2), 55–64.
Prasetyo. (2021). Pemanfaatan Model Belajar Window Shopping Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar. Jurnal Pedagogika, 12(2), 184–193.
Rokmah. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Window Shopping Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Fathu Makkah Untuk Meningkatan Hasil Belajar KOgnitif Madrasah Aliyah. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan, 1(1), 33–45.
Suhirman. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (pendekatan teoretis & Praktis). Mataram: Sanabil.
Sulistyratih. (2021). Penerapan Problem Based Learning dan Window Shopping Untuk Peningkatan Hasil Belajat Peserta Didik. Jurnal Metrik Artikel, 2(2), 77–88.
Tanaem, Y., & Djira, I. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Pusat Pengembangan Anak IO-0497 Benyamin Oebufu. VISIO DEI : Jurnal Teologi Kristen, 2(2), 180–202.
Tubagus, S. (2021). Metode Pembelajaran PAK yang Efektif Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Sumatera Barat: CV. MItra Cendekia Media.
Wahida, K. W. (2021). Analisis Materi IPA pada Buku Tematik Kelas VI. Jurnal Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2(1), 1317–1326.
Yudin, C. (2019). Pengantar Pendidikan. Mataram: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dania Cecilia Margaretha Buti, Tince Dormalin Koroh, Yusuf Elpontus Tanaem, Deviana Sibulo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0