Peningkatan Kreativitas Belajar Peserta Didik Pendidikan Agama Kristen melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Window Shopping

Authors

  • Dania Cecilia Margaretha Buti Institut Agama Krtisten Negeri Kupang
  • Tince Dormalin Koroh Institut Agama Krtisten Negeri Kupang
  • Yusuf Elpontus Tanaem Institut Agama Krtisten Negeri Kupang https://orcid.org/0000-0002-0842-7442
  • Deviana Sibulo Institut Agama Krtisten Negeri Kupang

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.462

Keywords:

kreativitas, belajar, window shopping

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar peserta didik kelas VIII C dan VIII D Sekolah menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 kota Kupang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dengan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian mencakup tingkat kreativitas peserta didik selama aktivitas belajar mengajar berlangsung. Subjek penelitian kelas VIII C dan VIII D SMPN 2 kota Kupang  berjumlah 31 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Pelaksanaan pada semester 2 tahun ajaran 2023/2024 yaitu pada bulan Mei sampai dengan Juli 2024. Temuan penelitian menunjukkan bahwa adanya kemajuan yang signifikan pada kreativitas belajar peserta didik. Peningkatan kreativitas belajar peserta didik ditinjau melalui 4 indikator kreativitas menunjukkan pada siklus I rata-rata 66,76% dengan kategori cukup dan siklus II rata-rata 88,34% kategori baik. Maka kreativitas belajar peserta didik mencapai hasil yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andani. (2022). Hubungan Kreativitas Guru Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas X Akuntansi SMK Ma’aruf Nu 1 Purbolinggo Kab. Lampung Timur. Skripsi, Pendidikan Agama islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Arikunto. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisis 3). Jakarta: Bumi aksara.

Boiliu, N. I. (2016). Misi Pendidikan Agama Kristen Dan Problem Moralitas Anak. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 115–140.

Harimurti, & Febriarko. (2024). Psikologi Kontemporer Risalah Teoretis dan Praktis Psikologi Masa Kini. Yogyakarta: Sanata Dharma university Press.

Kemdikbud. (2022). Pulihkan Pembelajaran Mendikbudristek Luncurkan Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar. Siaran Pers Kemendikbudristek.

Kemdikbud. (2023). Kurikulum merdeka dorong pembelajran yang berpusat pada siswa. Kemdikbud.Go.Id.

Kemendikbud. (2020). Merdeka belajar episode 15, kurikulum merdeka dan platform merdeka mengajar [Video recording].

Kenedi. (2017). Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di kelas II SMPN 3 Pokan IV Koto. Jurnal Pendidikan Sosial, Sains Dan Humaniora, 3(2), 247–329.

Martini. (2022). Model pembelajaran kooperatif tipe window shopping dalam pembelajaran seni tari. Joglojateng.

Mustopa. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Melalui Pendetakan Saintifik Model Pembelajaran Window Shopping (kunjungan Galeri) Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMPN 1 Praya. Jurnal Sosial Dan Pendidikan, 4(2), 146–154.

Nurfadila, Ahmad, H., & Ali P, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Window Shopping terhadap Kreativitas Matematika Siswa. Journal Peqguruang : Conference Series, 4(1), 290–295. https://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2455

Oci. (2016). Kreativitas Belajar. Jurnal Teologi Sanctum Domine, 4(2), 55–64.

Prasetyo. (2021). Pemanfaatan Model Belajar Window Shopping Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar. Jurnal Pedagogika, 12(2), 184–193.

Rokmah. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Window Shopping Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Fathu Makkah Untuk Meningkatan Hasil Belajar KOgnitif Madrasah Aliyah. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan, 1(1), 33–45.

Suhirman. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (pendekatan teoretis & Praktis). Mataram: Sanabil.

Sulistyratih. (2021). Penerapan Problem Based Learning dan Window Shopping Untuk Peningkatan Hasil Belajat Peserta Didik. Jurnal Metrik Artikel, 2(2), 77–88.

Tanaem, Y., & Djira, I. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Pusat Pengembangan Anak IO-0497 Benyamin Oebufu. VISIO DEI : Jurnal Teologi Kristen, 2(2), 180–202.

Tubagus, S. (2021). Metode Pembelajaran PAK yang Efektif Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Sumatera Barat: CV. MItra Cendekia Media.

Wahida, K. W. (2021). Analisis Materi IPA pada Buku Tematik Kelas VI. Jurnal Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2(1), 1317–1326.

Yudin, C. (2019). Pengantar Pendidikan. Mataram: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-11-03

How to Cite

Buti, D. C. M., Koroh, T. D., Tanaem, Y. E., & Sibulo, D. (2024). Peningkatan Kreativitas Belajar Peserta Didik Pendidikan Agama Kristen melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Window Shopping. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 5(1), 78–86. https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.462