Peningkatan Minat Keterampilan Membaca Melalui Media Power Point Interaktif Siswa Kelas II SDN Jabon 1 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2019 / 2020

Authors

  • Reni Nurmalasari Sekolah Dasar Negeri Jabon 1 Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.51

Keywords:

Hasil Belajar Bahasa Indonesia, keterampilan membaca, media Power Point Interaktif

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh harapan pelaksanaan proses belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada Peningkatkan minat keterampilan membaca melalui media Power Point Interaktif dapat terlaksana tuntas sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendapatkan gambaran obyektif tentang peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Peningkatkan minat keterampilan membaca melalui media Power Point Interaktif pada siswa kelas II semester 1 SDN Jabon 1 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Adapun tujuan dari penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan minat keterampilan membaca melalui media Power Point Interaktif pada siswa kelas II semester 1 SDN Jabon 1 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Dari analisis data didapatkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dari pra siklus hingga siklus ke II. Prestasi belajar siswa juga meningkat dari pra siklus, siklus I hingga siklus II secara bertahap. Kesimpulan penelitian ini  mengungkapkan  bahwa  penggunaan  media  power point interaktif dapat meningkatkan proses pembelajaran membaca. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam merespon guru saat melakukan tanya jawab tentang isi cerita yaitu sebesar 50% dan peningkatan dalam menyimpulkan isi cerita yang dibacanya yaitu sebesar 41,67%. Lebih lanjut, hal ini menyebabkan kemampuan membaca nyaring siswa meningkat. Peningkatan kemampuan membaca nyaring melalui media PPT Interaktif pada siklus I sebesar 5,06, kondisi awal 63 meningkat menjadi 68,06. Pada siklus II meningkat sebesar 12,59, kondisi awal 63 meningkat menjadi 75,59.  

References

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama. Widya.

Dewi, Kurnia. 2017. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.” Raudhatul Athfal 1.

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: CP Pres.

Mulyanta and Marlon Leong. 2009. Tutorial Membangun Multimedia Interaktif Media Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Bahasa. Jakarta: PT. Utama Graedia Pustaka Utama.

Nurgiyantoro, B. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Qudsyi, Hazhira. 2010. “Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Yang Berbasis Perkembangan Otak.” Buletin Psikologi 18(2).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-02-01

How to Cite

Nurmalasari, R. (2022). Peningkatan Minat Keterampilan Membaca Melalui Media Power Point Interaktif Siswa Kelas II SDN Jabon 1 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2019 / 2020. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 120–126. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.51

Issue

Section

Articles