Peningkatan Minat Keterampilan Membaca Melalui Media Power Point Interaktif Siswa Kelas II SDN Jabon 1 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2019 / 2020
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.51Keywords:
Hasil Belajar Bahasa Indonesia, keterampilan membaca, media Power Point InteraktifAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh harapan pelaksanaan proses belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada Peningkatkan minat keterampilan membaca melalui media Power Point Interaktif dapat terlaksana tuntas sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendapatkan gambaran obyektif tentang peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Peningkatkan minat keterampilan membaca melalui media Power Point Interaktif pada siswa kelas II semester 1 SDN Jabon 1 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Adapun tujuan dari penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan minat keterampilan membaca melalui media Power Point Interaktif pada siswa kelas II semester 1 SDN Jabon 1 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Dari analisis data didapatkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dari pra siklus hingga siklus ke II. Prestasi belajar siswa juga meningkat dari pra siklus, siklus I hingga siklus II secara bertahap. Kesimpulan penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan media power point interaktif dapat meningkatkan proses pembelajaran membaca. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam merespon guru saat melakukan tanya jawab tentang isi cerita yaitu sebesar 50% dan peningkatan dalam menyimpulkan isi cerita yang dibacanya yaitu sebesar 41,67%. Lebih lanjut, hal ini menyebabkan kemampuan membaca nyaring siswa meningkat. Peningkatan kemampuan membaca nyaring melalui media PPT Interaktif pada siklus I sebesar 5,06, kondisi awal 63 meningkat menjadi 68,06. Pada siklus II meningkat sebesar 12,59, kondisi awal 63 meningkat menjadi 75,59.
Downloads
References
Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama. Widya.
Dewi, Kurnia. 2017. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.” Raudhatul Athfal 1.
Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: CP Pres.
Mulyanta and Marlon Leong. 2009. Tutorial Membangun Multimedia Interaktif Media Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Bahasa. Jakarta: PT. Utama Graedia Pustaka Utama.
Nurgiyantoro, B. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.
Qudsyi, Hazhira. 2010. “Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Yang Berbasis Perkembangan Otak.” Buletin Psikologi 18(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Reni Nurmalasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0