Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual terhadap Pemahaman Kebhinekaan Indonesia di SMP Islam Man’baul Ulum
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.521Keywords:
Media Audiovisual, Kebhinekaan, PendidikanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya metode pembelajaran yang menarik dan efektif yang membuat pemahaman peserta didik terkait nilai kebhinekaan menjadi kurang optimal. Kebhinekaan merupakan salah satu nilai penting dalam kehidupan berbangsa yang perlu dipahami oleh generasi muda, khususnya bagi peserta didik sekolah SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap pemahaman kebhinekaan di SMP Islam Man’baul Ulum. Dalam penelitian ini, media audiovisual dimanfaatkan sebagai sarana dari proses pembelajaran untuk meningkatkan minat dan pemahaman peserta didik terhadap topik kebhinekaan. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-test dan post-test pada dua kelompok. Kelompok pertama merupakan kelompok eksperimen yang memanfaatkan media audiovisual, sementara Kelompok kedua berperan sebagai kelompok kontrol yang menerapkan metode konvensional. Sampel yang digunakan berjumlah 26, yang terdiri dari peserta didik kelas VII. Hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan peningkatan yang signifikan antara skor rata-rata pre-test (12,31) dan post-test (15,54) pada tingkat signifikansi 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual tidak hanya berhasil menarik perhatian peserta didik, tetapi juga berfungsi sebagai alat yang efektif dalam peningkatkan pemahaman peserta didik tentang nilai-nilai kebhinekaan.
Downloads
References
Ahmad, Firdaus Mustika, D.(2021). Problematika Guru Dalam Menerapkan Media Pada Pembelajaran Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol 5 No 4.2008-2014.
Amelia Innayah, Zamzam Mustofa, Amir Mukminin.(2023).Upaya Peningkatan Keterampilan Peserta didik Melalui Program Kelas Keterampilan TKR (Tata Kecantikan Kulit Dan Rambut) Dan TOKR (Teknik Otomotif Dan Kendaraan Ringan) di MAN 2 Ngawi. Jurnal Tawadhu. Vol 7 No 1.30-40.
Astuti, E. I. F. (2018). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Ips Di MAN 1 Malang. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial ), Vol 5 No 1.64-77.
Betty, Y. A., Parsa, I. M., & Tamal, C. P.(2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Dan Trainer Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Pada Peserta Didik Kelas X TITL SMK Negeri 2 Kupang. Jurnal Spektro. Vol 3 No 1.34-40.
Creswell, J. W., & Creswell. J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th Ed). LA:SAGE.
Eriyanto, M Ghoizi, Roesminingsih, M V, Soedjarwo, & Soeherman, I Kusuma.2021. The Effect of Learning Motivation on Learning Independence and Learning Outcomes of Students in the Package C Equivalence Program. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 2(4), 455–467.
Faturrohman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta : Garudhawaca.
Fauziah, U.,& Fitria, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan awal terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Basicedu, Vol 6 No 2.2836-2845.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handayani, Selvi Eka & Subakti Hani. (2021).Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,Vol 5 No 1.151-164.
Ibrahim, D. (2022). Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam. Vol 4 No 2.106-113.
Jaya, R., Djafaar, L., & Cugs, C. (2023). Pendidiman Kewarganegaraan Sebagai Wahana Pengembangan Wawasan Kebinekaan Global Peserta didik. Innovative: Journal Of Social Science Research. Vol 3 No 2.1043-1065.
Karlina, H. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama.Jurnal Unigal. Vol 1 No 1.28-35.
Kartikasari, R. D., & Fillah, A. I. R. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Persuasi Berbantuan Media Audiovisual. Proceedings Universitas Pamulang. Vol 1 No 2.38-45.
Khoirusnaini, H. (2022). Pembinaan Karakter Kebinekaan Global Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Menggunakan Sistem Blended Learning (Penelitian Tindakan di Kelas XI Bilingual 1 SMA Laboratorium Percontohan UPI). Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.
Machali, I. . (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru?. Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Manshur, U & Ramdlani, M. (2020). Media Audio Visual Dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Al-Murabi. Vol 5 No 1.338-348.
Mulyono, H., Agustin, E. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Di Smk Muhammadiyah 1 Padang. JIPI : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika,5(1), 20-24. https://doi.org/10.29100/jipi.v5i1.1518.
Pi'i. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Kebhinekaan Melalui Pembelajaran Sejarah SMA. Jurnal Sejarah Dan Budaya. Vol 11 No 2.180-91.
Situmorang, H&Lutfi,M. (2014). Analisis Data Untuk Riset Manajemen Dan Bisnis, Edisi ke 3.USU:Medan.
Soedarnadi, Widjajanti Etyk & Sulisworo, Dwi . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Masalah Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik. Jurnal Karya Ilmiah Guru. Vol 7 No 3.267-273.
Suardi, Moh. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. (2014). Statistika untuk penelitian. Bandung:Alfabeta.
Supartini, M.(2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Kreativitas Guru terhadap Prestasi Belajar Peserta didik Kelas Tinggi Di SDN Mangunharjo 3 Kecamatan Megangan Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS.Vol 10 No 2.277-293.
Wati, Ega rima. (2016).Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Yakin, Mohammad Ainul. (2021) . Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Peserta didik Terhadap Prestasi Peserta didik Kelas X. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS. Vol 15 No 2.18-114.
Yuliana. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Mata Pelajaran PPKN SMP Negeri 32 Batanghari. Jurnal unja.1-9.
Yusnidah, Taruna. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Dan Audiovisual Serta Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Kajian Pendidikan. Vol 4 No 4.329-426.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dina Lestari, Asha Leona Amanta, Annisa, Darto Wahidin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0