Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas II pada Pembelajaran Tematik SDN Parang 4 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri

Authors

  • Dina Fatkhul Janah Sekolah Dasar Negeri Parang 4 Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.55

Keywords:

Numbered Head Together, aktivitas belajar, hasil belajar

Abstract

Berdasarkan hasil data di SDN Parang 4, ditemukan fakta bahwa 62,5% siswa kelas 2 SDN Parang 4 mendapatkan nilai di bawah KKM yaitu dibawah nilai 70.00. Dalam pembelajaran, guru hanya cenderung berceramah yang monoton dan guru tidak menggunakan model pembelajaran saat melaksanakan pembelajaran di dalam kelas, dan siswa masih berperan pasif di dalamnya. Mengingat latar belakang siswa kelas 2 di SDN Parang 4 maka dirumuskan sebuah solusi yaitu menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Penelitian ini dberlangsung selama 2 siklus, tiap siklus 2 pertemuan dengan materi pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tematik.

References

Akbar, Sa’dun. 2010. Penelitian Tindakan Kelas, Filosofi, Metodologi. Yogyakarta: CV Citra Implementasi Media

Dimyati dkk. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwitagama dkk. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Dwi Febriany, Diny and Elvia Ivada. 2013. “Hal 1 s/d 11 Diny Dwi Febriany, Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi.” Jupe UNS 1(2).

Kistian, Agus. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas IV SDN 4 Banda Aceh.” Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 9(2).

Novamizanti, Ledya and Efri, Suhartono. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (Nht) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Diskrit. Bandung: Universitas Telkom.

Siswaya, Ida Bagus Widana. 2019. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 3(1):16–23.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-02-01

How to Cite

Janah, D. F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas II pada Pembelajaran Tematik SDN Parang 4 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 22–29. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.55