Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas II pada Pembelajaran Tematik SDN Parang 4 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.55Keywords:
Numbered Head Together, aktivitas belajar, hasil belajarAbstract
Berdasarkan hasil data di SDN Parang 4, ditemukan fakta bahwa 62,5% siswa kelas 2 SDN Parang 4 mendapatkan nilai di bawah KKM yaitu dibawah nilai 70.00. Dalam pembelajaran, guru hanya cenderung berceramah yang monoton dan guru tidak menggunakan model pembelajaran saat melaksanakan pembelajaran di dalam kelas, dan siswa masih berperan pasif di dalamnya. Mengingat latar belakang siswa kelas 2 di SDN Parang 4 maka dirumuskan sebuah solusi yaitu menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Penelitian ini dberlangsung selama 2 siklus, tiap siklus 2 pertemuan dengan materi pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tematik.
Downloads
References
Akbar, Sa’dun. 2010. Penelitian Tindakan Kelas, Filosofi, Metodologi. Yogyakarta: CV Citra Implementasi Media
Dimyati dkk. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwitagama dkk. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Dwi Febriany, Diny and Elvia Ivada. 2013. “Hal 1 s/d 11 Diny Dwi Febriany, Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi.” Jupe UNS 1(2).
Kistian, Agus. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas IV SDN 4 Banda Aceh.” Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 9(2).
Novamizanti, Ledya and Efri, Suhartono. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (Nht) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Diskrit. Bandung: Universitas Telkom.
Siswaya, Ida Bagus Widana. 2019. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 3(1):16–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Dina Fatkhul Janah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0