Penerapan Komunikasi Terapeutik dengan Media Flash Card pada Anak yang Mengalami Down Syndrome
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.92Keywords:
komunikasi, terapeutik, media, flashcard, down syndromeAbstract
Down Syndrome merupakan kelainan genetik yang mengakibatkan kelainan secara fisik dan mental. Salah satu gangguan perkembangan yang dialami oleh anak yang mengalami Down Syndrome adalah perkembangan berbicara dan berbahasa. Penelitian ini membahas mengenai kondisi salah satu siswa berkebutuhan khusus yaitu anak yang mengalami Down Syndrome di Sekolah Alam X Kota Kediri yang mengalami kesulitan dalam berbicara sehingga komunikasi dalam kesehariannya sangat terbatas. Salah satu langkah untuk mengembangkan perkembangan bicara dan bahasa bagi anak Down Syndrome yaitu dengan terapi wicara. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas penerapan terapi wicara atau lazimnya disebut komunikasi terapeutik dengan media kartu (flashcard) pada anak Down Syndrome yang memiliki kemampuan berbicara dan berbahasa yang rendah. Adapun teknik-teknik yang digunakan adalah tahap persiapan/pra interaksi, tahap perekenalan/orientasi, tahap kerja, tahap terminasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus, pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi serta analisis data secara deskriptif. Hasilnya adalah subjek mendapatkan rasa ingin tahu yang lebih dari sebelumnya dengan adanya media flashcard yang membuat tertarik sehingga terdorong untuk belajar dan kemampuan bicara dan bahasa terus terasah.
Downloads
References
Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
E., Kosasih. (2012). Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya.
Herdiansyah, Haris. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Salemba Humanika: Jakarta.
Inggrida, P. C. (2014). Penggunaan Media Flashcard Terhadap Perkembangan Berpikir Kognitif Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Di Kelompok A TK Islam Insan Al-Firdaus. Jurnal Mahasiswa UNESA, 3-4.
Kemenkes Kesehatan RI. (2014). Situasi Penyandang Disabilitas. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.
Kurniawan, Marwany, & Laely. (2020). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini”. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Liliweri, A. (2015). Komunikasi Antarpersonal. Jakarta: Kencana Medika.
Mangunsong, Frieda. (2011). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, jilid kedua. Jakarta: Penerbit LPSP3 UI.
Matt Jarvis. (2011). Teori-teori Psikologi, Cetakan ke X. Bandung: Nusa Media.
Rasmitadila, R., & Goldstein, B. (2017). The Role of Special Assistant Teacher to Help Special Needs Student through Instructional Interactions in an Inclusive Classroom. International Journal of Special Education. 32 (3) pp 499-500.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Amellya Ayu Pramesti, Rezki Suci Qamaria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0