Penerapan Komunikasi Terapeutik dengan Media Flash Card pada Anak yang Mengalami Down Syndrome

Authors

  • Amellya Ayu Pramesti Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Rezki Suci Qamaria Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.92

Keywords:

komunikasi, terapeutik, media, flashcard, down syndrome

Abstract

Down Syndrome merupakan kelainan genetik yang mengakibatkan kelainan secara fisik dan mental. Salah satu gangguan perkembangan yang dialami oleh anak yang mengalami Down Syndrome adalah  perkembangan berbicara dan berbahasa. Penelitian ini membahas mengenai kondisi salah satu siswa berkebutuhan khusus yaitu anak yang mengalami Down Syndrome di Sekolah Alam X Kota Kediri yang mengalami kesulitan dalam berbicara sehingga komunikasi dalam kesehariannya sangat terbatas. Salah satu langkah untuk mengembangkan perkembangan bicara dan bahasa bagi anak Down Syndrome yaitu dengan terapi wicara. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas penerapan terapi wicara atau lazimnya disebut komunikasi terapeutik dengan media kartu (flashcard) pada anak Down Syndrome yang memiliki kemampuan berbicara dan berbahasa yang rendah. Adapun teknik-teknik yang digunakan adalah tahap persiapan/pra interaksi, tahap perekenalan/orientasi, tahap kerja, tahap terminasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus, pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi serta analisis data secara deskriptif. Hasilnya adalah subjek mendapatkan rasa ingin tahu yang lebih dari sebelumnya dengan adanya media flashcard yang membuat tertarik sehingga terdorong untuk belajar dan kemampuan bicara dan bahasa terus terasah.

References

Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

E., Kosasih. (2012). Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya.

Herdiansyah, Haris. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Salemba Humanika: Jakarta.

Inggrida, P. C. (2014). Penggunaan Media Flashcard Terhadap Perkembangan Berpikir Kognitif Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Di Kelompok A TK Islam Insan Al-Firdaus. Jurnal Mahasiswa UNESA, 3-4.

Kemenkes Kesehatan RI. (2014). Situasi Penyandang Disabilitas. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Kurniawan, Marwany, & Laely. (2020). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini”. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Liliweri, A. (2015). Komunikasi Antarpersonal. Jakarta: Kencana Medika.

Mangunsong, Frieda. (2011). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, jilid kedua. Jakarta: Penerbit LPSP3 UI.

Matt Jarvis. (2011). Teori-teori Psikologi, Cetakan ke X. Bandung: Nusa Media.

Rasmitadila, R., & Goldstein, B. (2017). The Role of Special Assistant Teacher to Help Special Needs Student through Instructional Interactions in an Inclusive Classroom. International Journal of Special Education. 32 (3) pp 499-500.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-02-14

How to Cite

Ayu Pramesti, A., & Suci Qamaria, R. (2022). Penerapan Komunikasi Terapeutik dengan Media Flash Card pada Anak yang Mengalami Down Syndrome. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 159–169. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.92

Issue

Section

Articles