Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga pada Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Siti Hardika Nastiti Universitas Nusantara PGRI Kediri https://orcid.org/0000-0001-7602-7582
  • Kharisma Eka Putri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bagus Amirul Mukmin Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.122

Keywords:

pengembangan, media pembelajaran, siklus hidup hewan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa guru masih belum menggunakan media dalam kegiatan pembelajaran terutama pada materi siklus hidup hewan. Kurangnya pemahaman dan penguasaan materi pada siswa terkait materi siklus hidup hewan merupakan dampak dari kondisi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran ular tangga pada materi siklus hidup hewan kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket kepraktisan respon guru dan siswa, dan tes berupa soal-soal yang berkaitan dengan materi. Penelitian mengenai pengembangan media ular tangga ini memperoleh hasil dari validator ahli media dengan skor 86,25% dan validator ahli materi dengan skor 86,5% sehingga telah memenuhi kriteria sangat layak. Hasil angket respon guru memperoleh skor 86% dan angket respon siswa memperoleh skor 100% sehingga telah memenuhi kriteria sangat praktis. Hasil post test (soal-soal yang berkaitan dengan materi) memperoleh skor 91% sehingga telah memenuhi kriteria efektif.

References

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja posdakarya.

Aminah, Siti. (2021). “Pengembangan Media Pembelajaran BIG SNAKE AND LADDERS GAMES Pada Materi Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Palopo”. Skripsi. Palopo: Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Fitriana, Nur Syifa. (2018). “Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Terintegrasi Asmaul Husna Pada Pembelajaran Tematik”. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

PUTRI, K. E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Android pada Materi Model-Model Pembelajaran Terpadu. PROSIDING SEMDIKJAR II.

Pendidikan: Pengertian, Unsur, Tujuan, Fungsi, dsb (Lengkap). 2020. (Online). (https://serupa.id/pendidikan-pengertian-unsur-tujuan-fungsi-dsb-lengkap) Accesed on 6th April 2022.

Pengertian IPA menurut Para Ahli. 2017. (Online). (https://www.rangkumanpustaka.com/2017/04/8-pengertian-ipa-menurut-para-ahli.html?m=1) Accesed on 9yh June 2021.

Pengertian Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). 2022. (Online). (https://www.silabus.web.id/pengertian-ilmu-pengetahuan-alam-ipa/) Accesed on 6th April 2022.

Pribadi, Benny A. (2014). Desain dan Pengembangan Program PelatihanBerbasisKompetensi. Jakarta: Kencana.

Meiningtias, R., Mukmin, B. A., & Wenda, D. D. N. (2022). Pengembangan

Multimedia Besi Batu Tuan pada Pembelajaran IPA untuk Siswa Kelas IV SDN Nglawak 1 Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 659-666.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi (GP PressGroup).

Nieveen, N., Mc Kenney, S., & Akker, J.V.D. (2006). Educational Design Research: The Value of Variety. Dalam Akker, J.V.D, Gravemeijer, K., Mc Kenney, S., & Nieveen, N (Eds.), Educational Design Research (hlm. 144-184). Enchede: Axis Media-ontwerpens.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, 2016.

Salam, Nurfadillah. (2017). “Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Pada Materi Sistem Saraf Kelas XI MA Madani Alauddin Paopao”. Skripsi. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Smaldino, S. E. dkk. (2011) . Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar (edisi 9). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sahari, Sutrisno dan Aka, Kukuh Andri. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran PKN Kelas V Sekolah Dasar Berorientasi Teknik Klarifikasi Nilai. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3 (1). (Online), tersedia: (http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3021), diunduh 29 Agustus 2022.

Said, Alamsyah, dan Andi Budimanjaya. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelegences Mengajar Sesuai Kerja Otak Dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Prenadamedia Group. 2015.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-11-06

How to Cite

Nastiti, S. H., Eka Putri, K., & Amirul Mukmin, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga pada Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 48–57. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.122