Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga pada Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.122Keywords:
pengembangan, media pembelajaran, siklus hidup hewanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa guru masih belum menggunakan media dalam kegiatan pembelajaran terutama pada materi siklus hidup hewan. Kurangnya pemahaman dan penguasaan materi pada siswa terkait materi siklus hidup hewan merupakan dampak dari kondisi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran ular tangga pada materi siklus hidup hewan kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket kepraktisan respon guru dan siswa, dan tes berupa soal-soal yang berkaitan dengan materi. Penelitian mengenai pengembangan media ular tangga ini memperoleh hasil dari validator ahli media dengan skor 86,25% dan validator ahli materi dengan skor 86,5% sehingga telah memenuhi kriteria sangat layak. Hasil angket respon guru memperoleh skor 86% dan angket respon siswa memperoleh skor 100% sehingga telah memenuhi kriteria sangat praktis. Hasil post test (soal-soal yang berkaitan dengan materi) memperoleh skor 91% sehingga telah memenuhi kriteria efektif.
Downloads
References
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja posdakarya.
Aminah, Siti. (2021). “Pengembangan Media Pembelajaran BIG SNAKE AND LADDERS GAMES Pada Materi Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Palopo”. Skripsi. Palopo: Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Fitriana, Nur Syifa. (2018). “Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Terintegrasi Asmaul Husna Pada Pembelajaran Tematik”. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
PUTRI, K. E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Android pada Materi Model-Model Pembelajaran Terpadu. PROSIDING SEMDIKJAR II.
Pendidikan: Pengertian, Unsur, Tujuan, Fungsi, dsb (Lengkap). 2020. (Online). (https://serupa.id/pendidikan-pengertian-unsur-tujuan-fungsi-dsb-lengkap) Accesed on 6th April 2022.
Pengertian IPA menurut Para Ahli. 2017. (Online). (https://www.rangkumanpustaka.com/2017/04/8-pengertian-ipa-menurut-para-ahli.html?m=1) Accesed on 9yh June 2021.
Pengertian Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). 2022. (Online). (https://www.silabus.web.id/pengertian-ilmu-pengetahuan-alam-ipa/) Accesed on 6th April 2022.
Pribadi, Benny A. (2014). Desain dan Pengembangan Program PelatihanBerbasisKompetensi. Jakarta: Kencana.
Meiningtias, R., Mukmin, B. A., & Wenda, D. D. N. (2022). Pengembangan
Multimedia Besi Batu Tuan pada Pembelajaran IPA untuk Siswa Kelas IV SDN Nglawak 1 Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 659-666.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi (GP PressGroup).
Nieveen, N., Mc Kenney, S., & Akker, J.V.D. (2006). Educational Design Research: The Value of Variety. Dalam Akker, J.V.D, Gravemeijer, K., Mc Kenney, S., & Nieveen, N (Eds.), Educational Design Research (hlm. 144-184). Enchede: Axis Media-ontwerpens.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, 2016.
Salam, Nurfadillah. (2017). “Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Pada Materi Sistem Saraf Kelas XI MA Madani Alauddin Paopao”. Skripsi. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Smaldino, S. E. dkk. (2011) . Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar (edisi 9). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sahari, Sutrisno dan Aka, Kukuh Andri. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran PKN Kelas V Sekolah Dasar Berorientasi Teknik Klarifikasi Nilai. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3 (1). (Online), tersedia: (http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3021), diunduh 29 Agustus 2022.
Said, Alamsyah, dan Andi Budimanjaya. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelegences Mengajar Sesuai Kerja Otak Dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Prenadamedia Group. 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Siti Hardika Nastiti, Kharisma Eka Putri, Bagus Amirul Mukmin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0