Peningkatan Keterampilan Pengembangan Perangkat Pembelajaran melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.184Keywords:
peningkatan, keterampilan, perangkat pembelajaran, pendekatan kontekstualAbstract
Keterampilan dalam mengembangkan perangkat perencanaan pembelajaran sangat penting bagi guru. Perencanaan pembelajaran yang baik menjamin pembelajaran yang bermutu. Pembelajaran seni tari drama di Sekolah Dasar (SD) sebagai salah satu mata kuliah di Prodi PGSD memberikan bekal keterampilan pada mahasiswa untuk mampu mengelola pembelajaran seni di SD. Kenyataannya di semester 5 kelas D Prodi PGSD UNIPMA, RPP yang dikembangkan mahasiswa belum mencapai nilai baik oleh karena itu perlu perbaikan proses pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus ke tiga terjadi perbaikan pada segi proses pembelajaran maupun hasil belajar. RPP yang dikembangkan oleh mahasiswa mengalami perbaikan kualitas rata-rata sebesar 10 sampai dengan 15% baik dari aspek format, isi, maupun kebahasaan. Ketuntasan klasikal yang dicapai oleh mahasiswa mencapai 90%. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan kontekstual efektif untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mengembangkan perangkat pembelajaran.
Downloads
References
Al Gadri, H. H. (2016). Analisis Fungsi Karakter Tokoh dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Folklor Mbah Sodong di Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur. Semantik: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 12–26.
Ariyana. (2019). Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra indonesia. Prosiding Seminar
Han, J., & Neuharth-Pritchett, S. (2015). Meaning-Related and Print-Related Interactions Between Preschoolers and Parents During Shared Book Reading and Their Associations With Emergent Literacy Skills. Journal of Research in Childhood Education, 29(4), 528–550. https://doi.org/10.1080/02568543.2015.1073819
Hartono. (2011). Pembelajaran Tari Anak Usia Dini. Unnes Press.
Hasibuan, M. I. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 2(01).
Indar & Sabri. (2019). Peran Pendidikan Seni di Era 5.0 untuk Revolusi Industri 4.0 [Artikel]. Seminar Nasional Pascasarjana, UNNES.
Jazuli. (2008). Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Unesa University Press.
Kasiyan. (2002). Pendidikan Kesenian dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Cakrawala Pendidikan, xxi(1), 35–54.
M.Nadzir. (2013). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(02), 339–352.
Nana Suryapermana. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. Tarbawi, 3(2), 183–193.
Narawati, T. (2011). Drama Tari di Indonesia: Kontinuitas dan Perubahan yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
Nasional Bulan Bahasa (Semiba), November, 55–63.
Permendikbud No 41 tahun 2007, 1 (2007).
Qamaria, R. S., & Astuti, F. (2023). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA MELALUI KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 18(1), 1-22. http://dx.doi.org/10.30659/jp.18.1.1-22
Satriani., I, Emilia., E, & Muhammad Handi Gunawan. (n.d.). Contextual Teaching and Learning Approach To teaching Writing. Indonesian Journal Applied Linguistic, 2(1), 10–22.
Senjayawati, E. (n.d.). Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMK di Kota Cimahi. Didaktik, 9(1), 33–39.
Suarjana, I.M., Ni Pt. Nanci Riastini, & I Gst.N.Yudha Pustika. (n.d.). Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 1(2), 103–114.
Sumadi. (2003). Prinsip Penyusunan Perangkat Pembelajaran Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Fakultas sastra Universitas Negeri Malang.
Sunarto. (2018). Pengembangan Kreativitas-Inovatif dalam Pendidikan Seni Melalui Pembelajaran MUKIDI. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(2), 107–118.
Syukron, A. (2018). Ekoliterasi: Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Berwawasan Lingkungan. Seminar Nasional PS PBSI FKIP Universitas Jember, 61–70.
Weni Kurniawati. (2021). Desain Perencanaan Pembelajaran. Jurnal An-Nur, 7(1), 1–10.
Widyanto, I.P., & Wahyuni, E.T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 4(2), 16–129.
Wina sanjaya. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dewi Tryanasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0