Program Ekoliterasi sebagai Upaya Meningkatkan Fokus Siswa Slow Learner di SDN 2 Sukowinangun Kabupaten Magetan
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.57Keywords:
program ekoliterasi, fokus, slow learnerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan fokus pada siswa slow learner di SDN 2 Sukowinangun Kabupaten Magetan. Akar masalah yang ditemukan dari hasil studi pendahuluan dan diskusi dengan guru adalah siswa slow learner menunjukkan perilaku yang sulit untuk fokus dengan pembelajaran sebab kegiatan belajar di dalam kelas tidak memfasilitasi kelebihan energi sekaligus tidak memotivasi siswa slow learner untuk terlibat dalam pembelajaran. Oleh karena itu solusi yang dipilih dalam penelitian ini adalah dengan membuat program ekoliterasi yang berpusat pada memelihara tumbuhan dan hewan di kebun sekolah dan digabung dengan kegiatan membaca permulaan. Penelitian ini dirancang dengan rancangan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan yang dilangsungkan selama dua siklus. Siklus satu dilaksanakan selama satu bulan sedangkan siklus dua berlangsung selama dua bulan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi perilaku ketidakfokusan siswa terhadap kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan pada akhir siklus dua bahwa ketidakfokusan siswa berkurang dari pra-siklus dengan laju rata-rata pengurangan 30 sampai 40%.
Downloads
References
Anonymous. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 tahun 2018.
Barbara, Lewis A. (2004). Character Building for Children. (Terjemahan Arfin Saputra). Batam: Center Karisma Publishing Group.
Bearne, E. (2003). Rethinking literacy: communication, representation and text. 98–103.
Bomer, R., Land, C. L., Rubin, J. C., & Van Dike, L. M. (2019). Constructs of Teaching Writing in Research About Literacy Teacher Education. Journal of Literacy Research, 1–18. https://doi.org/10.1177/1086296X19833783
Comber, B., & Cormack, P. (1997). Looking Beyond Skills and Processes: Literacy as Social and Cultural Practices in Classrooms (pp. 22–29). pp. 22–29.
Dawe, H. C., & We, H. C. D. A. (2016). A Study of the Effect of an Educational Program upon Language Development and Related Mental Functions in Young Children A STUDY OF THE EFFECT OF AN EDUCATIONAL PROGRAM. The Journal of Experimental Educatin, 0973(June), 200–209. https://doi.org/10.1080/00220973.1942.11010271
Development, R., & Instruction, R. (2009). Teaching Children to Read. Independent Review, 12(345), 64–78. https://doi.org/10.1207/s15473333thp3304_8
Dewi, T., Septi, A., & Ayu, C. W. (2017). Understanding of Teacher in SDN 2 Kawedanan Toward Learning Literacy. Proceeding International Seminar of Primary Education, 1, 91–95.
Grugeon, E. (1999). The state of play: children’s oral culture, literacy and learning. Reading, (April), 13–16.
Hartati, T., Pendidikan, F. I., & Indonesia, U. P. (2016). MULTIMEDIA IN LITERACY DEVELOPMENT AT REMOTE ELEMENTARY SCHOOLS IN WEST JAVA MULTIMEDIA DALAM PENGEMBANGAN LITERASI. 15(3), 301–310.
Ibadullah, M., Tryanasari, D., & Kartikasari, A. (2017). Using Local Literature as Learning Literacy. 1, 47–52.
Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.108-118.
Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: CP Pres.
Niel Nodding dan Michael Slote dalam The Blackwell. (2003). Guide to The Philosofy of Education. The Blackwell Publishing Ltd. United Kingdom.
Nixon, H. (2011). New research literacies for research into. Reading Researc Literacie, 38(3), 407–413.
Rosenquest, B. B. (2002). Literacy-Based Planning and Pedagogy That Supports Toddler Language Development INFANT / TODDLER CURRICULUM. Early Chilhood Education Journal, 2002(Infant and Toddlers).
Rudyanto, H. E., Tryanasari, D., Yela, F., & Purnama, F. (2018). Implementasi Pembelajaran Literasi di SD Inklusi. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIPMA, 187–192.
Saribas, D., Kucuk, Z. D., & Ertepinar, H. (2017). Implementation of an environmental education course to improve pre-service elementary teachers’ environmental literacy and self-efficacy beliefs. International Research in Geographical and Environmental Education, 26(4), 311–326. https://doi.org/10.1080/10382046.2016.1262512.
Silvya Eka Andiarini, Imron Arifin Ahmad, Nurabadi. (2018). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan Volume 1 No.2: Universitas Negeri Malang.
Yanti, N., Suhartono, & Rio, K. (2016). Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi PBSI FKIP Universitas Bengkulu. Korpus, 2002(1), 35–40. https://doi.org/10.1109/ciced.2018.8592188.
Yunus Abidin, Tita Mulyadi, and H. Y. (2017). Developing Literacy Learning Model Based On Multi Literacy, Integrated, And Differentiated Concept at Primary School. Cakrawala, 36(2), 156–167. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Dewi Tryanasari, Apri Kartikasari HS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0