Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.218Keywords:
metode pembelajaran eksperimen, hasil belajarAbstract
Metode pembelajaran yan g tidak tepat menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar IPA Kelas IV pada materi gaya dan gerak, buktinya siswa belum dapat menjelaskan pengaruh gaya terhadap gerak benda dan siswa belum dapat mengkategorikan gaya tarik dan gaya dorong dikarenakan pada saat pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Gaya dan Gerak siswa kelas IV SD di Kabupaten Minahasa melalui penerapan metode pembelajaran eksperimen. Tindakan penelitian ini dilakukan mulai dari pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar tes dan lembar observasi dan dianalisis secara deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran eksperimen terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV. Melalui penerapan metode pembelajaran eksperimen, hasil belajar siswa kelas IV mengalami peningkatan dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa pada kegiatan pra siklus hanya 7 siswa dengan presentase 31,81%, kemudian terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 14 siswa dengan presentasi 63,63% yang tuntas dan pada Siklus II mengalami peningkatan yang signifikan menjadi 21 siswa dengan presentase 95,45% yang tuntas. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi gaya dan gerak.
Downloads
References
Bhidju, R. H., & Press, A. (2020). Peningkatan hasil belajar ipa melalui metode demonstrasi. Ahlimedia Book.
Andiasari, L. (2015). Penggunaan model inquiry dengan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di SMPN 10 Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1).
Basonggo, I., Tangkas, I. M., & Irwan, I. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SDN Meselesek. Jurnal Kreatif Online, 2(2).
Didaktika, W., Hassan, F. H., Yusup, V., Saputra, A. H., & Okilanda, A. (2023). peningkatan hasil belajar ipa siswa kelas iv sd islam sinar cendekia melalui metode eksperimen. 200–209.
Dirgantara, M. R., & Minarsih, U. W. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI SEKOLAH DASAR”. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 4(1), 43-53.
Hurit, A. A., & Wati, M. L. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 2(2), 85-90.
Juita, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Kota Mukomuko. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 43. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1404
Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155
Khalida, B. R., & Astawan, I. G. (2021). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 182-189. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35552
Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan Hidup pada Masyarakat. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 57–64.
Permatasari, F., Ghozali, M.I.A & Purwati, R. (2022). Efektivitas Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV MI Ma’arif Sutawinangun Kabupaten Cirebon. EduBase : Journal of Basic Education, 3(1), 110–116.
Rosma. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Konduktor Dan Isolator Di Kelas VI SDN Percontohan. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(3), 228–241.
Rosmita. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring (Studi Kasus Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur Tahun 2019/2020). Skripsi
Sapriati, A. (2022). Pembelajaran IPA di SD. Banten: Universitas Terbuka.
Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Wijayama, B. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA bervisi SETS dengan pendekatan SAVI. Qahar Publisher.
Yulandra, R. & Pujiastuti, P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran STAD dan SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Mandurian Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(1), 107-123.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Valia Prastica Kalangi, Rizki Zakwandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0