Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Authors

  • Ihwan Zulkarnain Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.298

Keywords:

model pembelajaran, problem based learning, kemampuan pemecahan masalah

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dikarenakan pembelajaran yang masih berpusat pada guru membuat pola belajar peserta didik cenderung pasif dan kurangnya kreativitas dalam pemecahan masalah peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pada penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk esai sebanyak 10 soal. Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasi dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik SMK Putra Pelita Tenjolaya. Selain itu, nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi pokok Program Linear yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih besar dari nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori.

References

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2022). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416

Ayuningrum, D., Mulyani, S., & Susilowati, E. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Protista. Unnes Journal of Biology Education, 4(2), 124–133. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jbe.v4i2.8904

Dewi, D. T. (2020). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.25317

Hamalik, O. (2014). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Intani, N. S., Kharis, M., & Negeri Semarang, U. (2016). Pengaruh Model PBL dan AFL Terhadap Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 12–21. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21527/10214

Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76–84. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499

Morissa. (2016). Statistik Penelitian Sosial. Kharisma Putra Utama.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8–18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Putri, A. M. A. U., Ningtyas, Y. D. W. K., & Galatea, C. K. (2022). Pengembangan soal matematika model programme for international student assessment (PISA) konten quantity dalam konteks budaya Jember. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 164. https://doi.org/10.33387/dpi.v11i2.4851

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT Raja Grafindo Persada.

Saad, N., Ghani, S., & Rajendran, N. S. (2008). The Sources of Pedagogical Content Knowledge (PCK) Used by Mathematics Teacher During Instructions: A Case Study. Department of Mathematics. https://www.researchgate.net/profile/Noor-Saad-4/publication/228994864

Satriaman, K. T., Pujani, N. M., & Sarini, P. (2019). Implementasi Pendekatan Student Centered Learning Dalam Pembelajaran Ipa Dan Relevansinya Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(1), 12–22. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21912

Sholikhakh, R. A., Pujiarto, H., & Suwandono, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 33–39. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.561

Siswondo, R., & Agustina, L. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 33–40. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3155

Sugiyono. (2019). Metode Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Sukasno, & Dewi, E. T. (2015). Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri Tugumulyo Tahun Pelajaran 2014/2015. In Fadli & S. Handayani (Eds.), Prosiding Seminar Nasional dan Lomba Media Pembelajaran (pp. 302–310). STKIP PGRI Lubuklinggau. https://www.researchgate.net/publication/372110353_

Yelvalinda, Pujiastuti, H., & Fatah, A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 633–640. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1106/764

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-30

How to Cite

Zulkarnain, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 149–157. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.298