Implementasi Media Eduposter Interaktif pada Mata Pelajaran IPAS untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.473Keywords:
media eduposter interaktif, IPAS, kemampuan kognitifAbstract
Pendidikan di tingkat sekolah dasar membutuhkan berbagai inovasi agar dapat meningkatkan mutu pembelajaran, terutama dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Penggunaan media interaktif bermanfaat bagi siswa melalui visualisasi dan keterlibatan aktif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kemampuan kognitif melalui implementasi media EduPoster Interaktif pada mata pelajaran IPAS. Pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, serta tes evaluasi. Jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart melalui 4 tahapan (Planning, action, observation, dan reflection). Hasil pra siklus siswa hanya ada 1 yang tuntas dan 7 siswa belum tuntas. Persentase ketuntasan klasikal pra siklus hanya mendapatkan 12%. Siklus I, persentase ketercapaian siswa secara klasikal mencapai 62%. Kemudian siklus III bertambah sebesar 26% menjadi 88%. Kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPAS dapat ditingkatkan dengan penerapan media eduposter interaktif di SDN Kranggan 01. Penelitian ini menunjukkan bahwa media eduposter interaktif dapat efektif memberikan pemahaman siswa pada konsep, sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi pengaruh berbagai jenis media interaktif lainnya dalam konteks pembelajaran yang berbeda.
Downloads
References
Afifa, K., & Astuti, T. (2024). The Effect of Digital Learning Media on Motivation and Learning Outcomes of IPAS. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(6), 3155–3165. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i6.7513
Aprianty, & Safran. (2024). Pengaruh Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKN Kelas V. Jpgmi, 10(1), 181–191.
Darmadi, Rifai, M., Rositasari, F., & Haryati, N. (2024). Analisis Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Sekolah. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 261–266. https://doi.org/10.60126/maras.v2i1.161
Devi, C., Zain, I. M., & Jabir. (2024). Pengimplementasian media pembelajaran berbasis quizziz dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 12(2), 139–147.
Dewi, E. M. P., Qamaria, R. S., Widiastuti, A. A., Widyatno, A., Marpaung, J., Ervina, I., ... & Suprihatin, T. (2024). Pendidikan Indonesia Di Era Globalisasi; Tantangan Dan Peluang. Nas Media Pustaka.
Khaira Ummah, K., & Mustika, D. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Muatan IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 13(2), 1573–1582. https://jurnaldidaktika.org
Kurniawan, A. A., Rahmawati, N. D., & Dian, K. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Canva terhadap Hasil Belajar IPAS pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 179–187. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.466
Monalisa, E., Kusuma, V., Santoso, G., Dina, B., Wardiningtias, E., Jakarta, U. M., Proyek, P. B., Lingkungan, K., Karakter, P., & Tuhan, K. K. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kesadaran Lingkungan Sekolah dan Keluarga Untuk Meningkatkan Ketakwaan Kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia Di Kelas 1. Jurnal Pendidikan Transformatif ( JPT ), 02(04), 289–309.
Mutiaratri, R. L., Wijayanti, T. S., & Merta, I. W. (2024). Peningkatan Kemampuan Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) di Kelas X-B SMA 1 Labuapi Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 199–204. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1821
Novita, W., Safitri, A., Dwi saputra, A., Lutfhia Ananda, M., Ersyliasari, A., & Rosyada, A. (2023). Penerapan Teori Perkembangan Kognitif Oleh Jean Piaget Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Sd/Mi. HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 2(01), 122–134. https://doi.org/10.62668/hypothesis.v2i01.662
Nurkhaliza, M., & Maulida. (2024). Studi Literatur Tentang Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Ipas Di Sekolah Dasar. Global Education Trends, 2(1), 38–44. https://doi.org/10.61798/get.v2i1.52
Prasetyo, A. (2023). Peran Pendidikan Dasar dalam Pengembangan Keterampilan Kognitif Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(2), 121–134.
Pujiningsih, Y., Kurniawan, A. A., & Rahmawati, I. (2024). Analisis Penggunaan Poster Sebagai Media Pembelajaran IPS dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 02(01), 165–168.
Purwo, P., & Hartutik, S. (2023). Peningkatan Kualitas Mengajar Guru melalui Pembinaan Model Up Grading Learning. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 228–238. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.203
Putri, M. A., Soewardini, H. M. D., & Utami, S. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Terintegrasi Pendekatan Teaching At the Right Level Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Integrasinya, 2(2), 217–226. https://doi.org/10.62426/pi.v2i2.73
Rosiyani, A. I., Aqilah Salamah, Lestari, C. A., Anggraini, S., & Ab, W. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Ipas Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.271
Sudiartini, N. N., & Margunayasa, I. G. (2023). Peranan Poster Edukasi Sebagai Media Belajar Interaktif Materi Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar: Tinjauan Sistematik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(Education), 11.
Supriadi, & Kusnandi. (2024). Strategi Pembelajaran Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(1), 95–110.
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Valencia, C., & Wardaya, M. (2024). Perancangan Buku Cerita Interaktif Mengenal Emosi Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder. 6(1), 185–201.
Vira Tri Rahayu. (2024). Gambar Media Eduposter Interaktif.
Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134–140. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.389
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vira Tri Rahayu, Sudarsih Sudarsih, Suebijantoro Suebijantoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0