Pelatihan Penggunaan QR Code terhadap Pengembang Kurikulum dalam Menggunakan untuk Presensi Siswa pada SMK PGRI 2 Kediri

Authors

  • Sucipto Sucipto Universitas Nusantara PGRI Kediri https://orcid.org/0000-0003-3412-002X
  • Rini Indriati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dwi Harini Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Teguh Andriyanto Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Arie Nugroho Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Akmal Hisyam Pradhana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Cinta Azzaria Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bifadhlillah Marsheila Islami Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ersa Dwi Nur Aini Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ari Kurniawan SMK PGRI 2 Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.187

Keywords:

Presensi, QR Code, Sekolah

Abstract

Presensi merupakan hal penting dalam proses belajar pada pendidikan menengah kejuruan. Daftar presensi digunakan untuk mengetahui frekuensi kehadiran siswa di sekolah sekaligus untuk mengontrol kegiatan belajar siswa. Pada kasus pengabdian ini dilakukan pada SMK PGRI 2 Kediri dimana optimalisasi presensi siswa belum optimal. Tim pengabdian memberikan inovasi presensi berbasis QR Code guna memudahkan rekap data dan hasil yang lebih real time dapat diterima civitas akademik sekolah dan wali murid. Tim pengabdian melakukan sosialisasi penggunaan QR Code dan transfer teknologi terhadap presensi QR Code. Hasil kepuasan sosialisasi dan transfer teknologi peserta sangat puas terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan dengan persentase kepuasan rata-rata 88,93%. Implementasi hasil penelitian berbasis QR Code untuk pelaksanaan pengabdian ini diharapkan dapat membantu optimalisasi proses pencatatan presensi sehingga civitas akademika SMK PGRI 2 Kediri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Candra, E. N., & Mufliharsi, R. (2020). Sosialisasi Penggunaan Qr Code Sebagai Upaya Pengembangan Bahan Ajar Untuk Siswa SMK. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 311–316. https://doi.org/10.30595/JPPM.V4I2.6575

Fanani, F. R., Fahmi, M. I., Fitria, F., Azizah, N., Rahma, A., Juwita, P., Dewi, S., Fauziah, A. U., Widya Vianisa, R., Wulandari, D. P., Anam, C., & Herachwati, N. (2022). Pengabdian Masyarakat Partisipatif untuk Pengembangan Tanaman Porang Sebagai Objek Wisata di Desa Bendoasri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 115–127. https://doi.org/10.53624/KONTRIBUSI.V2I2.89

Febrinita, F., Puspitasari, W. D., & Artikel, G. (2022). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Sumber Informasi dalam Pendampingan Belajar Anak. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 61–74. https://doi.org/10.55506/ARCH.V2I1.48

Mawardi, M., Kristin, F., Anugraheni, I., & Rahayu, T. S. (2019). Penerapan Pelatihan Partisipatif Pada Kegiatan Penulisan Dan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 132–137. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p132-137

Mustanir, A., Hamid, H., & Syarifuddin, R. N. (2019). PEMBERDAYAAN KELOMPOK MASYARAKAT DESA DALAM PERENCANAAN METODE PARTISIPATIF. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(3), 227–239. https://doi.org/10.25147/MODERAT.V5I3.2677

Nuraeni, F., Setiawan, R., & Amal, R. I. (2022). Aplikasi Presensi Siswa Berbasis Web dan Qr-Code pada Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah. Jurnal Algoritma, 19(1), 1–11. https://doi.org/10.33364/ALGORITMA/V.19-1.983

Nurcahyo, K. E., Sucipto, S., & Nugroho, A. (2020). Mapping Student Data Using Data Warehouse for Promotion at Vocational High School of Z. RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management, 3(2), 55–66. https://doi.org/10.25273/RESEARCH.V3I2.6883

Nurfaizah, N., Purwati, Y., Hermanto, N., & Sarmini, S. (2020). Penerapan Teknologi QR Code untuk Memantau Proses Ronda di Desa Ciberem Sumbang. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 2(1), 29–34. https://doi.org/10.35671/JPMM.V2I1.945

Pendidikan, J. T., Purmadi, A., & Garnika, E. (2019). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PESERTA DIDIK DALAM MENGGUNAKAN E-LEARNING DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 11–15. https://doi.org/10.33394/JTP.V4I1.2265

Ramadan, dadan N. (2022). Penerapan Aplikasi Elektronik KMS Berbasis QR-Code di Posyandu Rumpun Bambu Kabupaten Bandung. Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1a), 26–31. https://doi.org/10.25124/CHARITY.V5I1A.4529

Setyawan, D., Permana, F. H., Sukarsono, S., Gunawan, S., Ulfa, D. I., Putri, V. A., & Khusniah, N. (2022). Pembuatan Qr Code Melalui Android: Pendampingan Pengembangan Kampoeng Wisata Edukasi Anggrek (KAWIESTA). GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 188–199. https://doi.org/10.31571/GERVASI.V6I1.3549

Suastika, I. K., Suwanti, V., Ferdiani, R. D., & Harianto, W. (2022). Analisis Kepuasan Stakeholder pada Implementasi Kurikulum MBKM Fakultas Sains dan Teknologi. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 1657–1667. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I2.2176

Sucipto, S., Resti, N. C., Andriyanto, T., Karaman, J., & Qamaria, R. S. (2019). Transactional database design information system web-based tracer study integrated telegram bot. Journal of Physics: Conference Series, 1381(1), 012008. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1381/1/012008

Zheng, H., & Ma, W. (2022). Scan the QR Code of Happiness: Can Mobile Payment Adoption Make People Happier? Applied Research in Quality of Life 2022 17:4, 17(4), 2299–2310. https://doi.org/10.1007/S11482-022-10036-0

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-05-12

How to Cite

Sucipto, S., Indriati, R., Harini, D., Andriyanto, T., Nugroho, A. ., Pradhana, A. H. ., Azzaria, C. ., Islami, B. M. ., Aini, E. D. N. ., & Kurniawan, A. . (2023). Pelatihan Penggunaan QR Code terhadap Pengembang Kurikulum dalam Menggunakan untuk Presensi Siswa pada SMK PGRI 2 Kediri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 98–108. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.187

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)