Pelatihan Penggunaan QR Code terhadap Pengembang Kurikulum dalam Menggunakan untuk Presensi Siswa pada SMK PGRI 2 Kediri
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.187Keywords:
Presensi, QR Code, SekolahAbstract
Presensi merupakan hal penting dalam proses belajar pada pendidikan menengah kejuruan. Daftar presensi digunakan untuk mengetahui frekuensi kehadiran siswa di sekolah sekaligus untuk mengontrol kegiatan belajar siswa. Pada kasus pengabdian ini dilakukan pada SMK PGRI 2 Kediri dimana optimalisasi presensi siswa belum optimal. Tim pengabdian memberikan inovasi presensi berbasis QR Code guna memudahkan rekap data dan hasil yang lebih real time dapat diterima civitas akademik sekolah dan wali murid. Tim pengabdian melakukan sosialisasi penggunaan QR Code dan transfer teknologi terhadap presensi QR Code. Hasil kepuasan sosialisasi dan transfer teknologi peserta sangat puas terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan dengan persentase kepuasan rata-rata 88,93%. Implementasi hasil penelitian berbasis QR Code untuk pelaksanaan pengabdian ini diharapkan dapat membantu optimalisasi proses pencatatan presensi sehingga civitas akademika SMK PGRI 2 Kediri.
Downloads
References
Candra, E. N., & Mufliharsi, R. (2020). Sosialisasi Penggunaan Qr Code Sebagai Upaya Pengembangan Bahan Ajar Untuk Siswa SMK. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 311–316. https://doi.org/10.30595/JPPM.V4I2.6575
Fanani, F. R., Fahmi, M. I., Fitria, F., Azizah, N., Rahma, A., Juwita, P., Dewi, S., Fauziah, A. U., Widya Vianisa, R., Wulandari, D. P., Anam, C., & Herachwati, N. (2022). Pengabdian Masyarakat Partisipatif untuk Pengembangan Tanaman Porang Sebagai Objek Wisata di Desa Bendoasri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 115–127. https://doi.org/10.53624/KONTRIBUSI.V2I2.89
Febrinita, F., Puspitasari, W. D., & Artikel, G. (2022). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Sumber Informasi dalam Pendampingan Belajar Anak. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 61–74. https://doi.org/10.55506/ARCH.V2I1.48
Mawardi, M., Kristin, F., Anugraheni, I., & Rahayu, T. S. (2019). Penerapan Pelatihan Partisipatif Pada Kegiatan Penulisan Dan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 132–137. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p132-137
Mustanir, A., Hamid, H., & Syarifuddin, R. N. (2019). PEMBERDAYAAN KELOMPOK MASYARAKAT DESA DALAM PERENCANAAN METODE PARTISIPATIF. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(3), 227–239. https://doi.org/10.25147/MODERAT.V5I3.2677
Nuraeni, F., Setiawan, R., & Amal, R. I. (2022). Aplikasi Presensi Siswa Berbasis Web dan Qr-Code pada Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah. Jurnal Algoritma, 19(1), 1–11. https://doi.org/10.33364/ALGORITMA/V.19-1.983
Nurcahyo, K. E., Sucipto, S., & Nugroho, A. (2020). Mapping Student Data Using Data Warehouse for Promotion at Vocational High School of Z. RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management, 3(2), 55–66. https://doi.org/10.25273/RESEARCH.V3I2.6883
Nurfaizah, N., Purwati, Y., Hermanto, N., & Sarmini, S. (2020). Penerapan Teknologi QR Code untuk Memantau Proses Ronda di Desa Ciberem Sumbang. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 2(1), 29–34. https://doi.org/10.35671/JPMM.V2I1.945
Pendidikan, J. T., Purmadi, A., & Garnika, E. (2019). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PESERTA DIDIK DALAM MENGGUNAKAN E-LEARNING DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 11–15. https://doi.org/10.33394/JTP.V4I1.2265
Ramadan, dadan N. (2022). Penerapan Aplikasi Elektronik KMS Berbasis QR-Code di Posyandu Rumpun Bambu Kabupaten Bandung. Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1a), 26–31. https://doi.org/10.25124/CHARITY.V5I1A.4529
Setyawan, D., Permana, F. H., Sukarsono, S., Gunawan, S., Ulfa, D. I., Putri, V. A., & Khusniah, N. (2022). Pembuatan Qr Code Melalui Android: Pendampingan Pengembangan Kampoeng Wisata Edukasi Anggrek (KAWIESTA). GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 188–199. https://doi.org/10.31571/GERVASI.V6I1.3549
Suastika, I. K., Suwanti, V., Ferdiani, R. D., & Harianto, W. (2022). Analisis Kepuasan Stakeholder pada Implementasi Kurikulum MBKM Fakultas Sains dan Teknologi. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 1657–1667. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I2.2176
Sucipto, S., Resti, N. C., Andriyanto, T., Karaman, J., & Qamaria, R. S. (2019). Transactional database design information system web-based tracer study integrated telegram bot. Journal of Physics: Conference Series, 1381(1), 012008. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1381/1/012008
Zheng, H., & Ma, W. (2022). Scan the QR Code of Happiness: Can Mobile Payment Adoption Make People Happier? Applied Research in Quality of Life 2022 17:4, 17(4), 2299–2310. https://doi.org/10.1007/S11482-022-10036-0
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sucipto Sucipto, Rini Indriati, Dwi Harini, Teguh Andriyanto, Arie Nugroho, Akmal Hisyam Pradhana, Cinta Azzaria, Bifadhlillah Marsheila Islami, Ersa Dwi Nur Aini, Ari Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0