Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas VI SDN 1 Gondangkulon

Authors

  • Murtini Suci SD Negeri 1 Gondangkulon

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.41

Keywords:

hasil belajar, model, make a match

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Gondangkulon pada tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 16 siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 56,25% (9 siswa), kemudian terjadi peningkatan prosentase pada siklus I sebesar 62,5% (10 siswa), dan pada siklus II prosentase hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi 75% (12 siswa). Hasil tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Gondangkulon Tahun pelajaran 2019/2020. 

References

Darmuki, A. & Ahmad Hariyadi. (2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran Jucama Ditinjau dari Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Berbicara di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Kredo. 3(1), 62-72.

Darmuki, A. & Hidayati N.A. (2019). An Investigation of The Cooperative Learning Using Audio Visual Media in Speaking Skill Subject. ICSTI. 121-126.

Darmuki, A. & Hidayati, N.A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe NHT pada Mahasiswa Tingkat I-A Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama. Vol. 6(2), hlm 9-18.

Darmuki, A., Ahmad Hariyadi, Nur Alfin Hidayati. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Kredo.

Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Cooperative, Synectics, and CTL Learning Models Toward Speaking Ability Viewd from Students Motivation. Proceeding International Conference on Intellectuals’Global Responsibility (ASSEHR). Vol. 125, 75-79.

Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Evaluating Information-Processing-Based Learning Cooperative Model on Speaking Skill Course. Journal of Language Teaching and Reasearch. 8(1) pp. 44-51.

Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2018). The Development and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. International Journal of Instruction. 11(2), 115-128.

Darmuki, Agus. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video Di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol 6(2),655-661.

Fatchurrohman. 2014. Pembelajaran Tematik Integratif Konsep Dasar dan Aplikasi. Salatiga: IAIN Salatiga

Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 252-259.

Huda, Miftahul. 2015. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2012. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, A.M..2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor – faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Renika Cipta.

Sudjana, Nana. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Penerbit Pustaka Belajar.

Winkel, W.S. 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-02-01

How to Cite

Suci, M. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas VI SDN 1 Gondangkulon. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.41