Pengembangan Desain Produk E-LKM Berbasis Problem Solving untuk Pemecahan Masalah dan Miskonsepsi IPA SD pada Mahasiswa PGSD

Authors

  • Bagus Amirul Mukmin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Abdul Aziz Hunaifi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wahyudi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Like Fanisia Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.337

Keywords:

e-LKM, problem solving, miskonsepsi IPA SD

Abstract

Penelitaian ini bertujuan untuk mengembangkan desain produk e-LKM berbasis problem solving. Pengembangan dalam penelitian ini merupakan bagian dari inovasi dari lembar kerja mahasiswa yang selama ini belum ada yang menggembangkan. Produk pengembangan Inovasi ini bertujuan agar memudahkan mahasiswa dalam memahami materi pemecahan masalah, karena e-LKM ini di sesuaikan dengan langkah-langkah dari problem solving. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana desain produk e-LKM berbasis problem solving yang di kembangkan. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development). Pada penelitian pengembangan ini terdapat 13 materi yang di kembangkan. Materi tersebut mencakup adaptasi mahluk hidup dengan lingkungan, tumbuhan hijau, proses daur air atau daur hidrologi, makanan dan alat pencernaan, pernafasan, proses perubahan sifat benda, listrik, magnet, peristiwa alam, cahaya, proses terbentuknya alam semesta, tata surya, dan struktur bumi. Produk e-LKM berbasis problem solving yang di kembangkan di 13 materi sudah sesuai dengan sintak atau langkah-langkah problem solving. Hasil kevalidan produk dilihat berdasarkan beberapa aspek, diantaranya dari aspek perangkat lunak, tampilan, konten dan isi. Kevalidan tersebut dapat dilihat dari skor kevalidan yang mencapai 86% dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa desain produk E-LKM berbasis problem solving untuk pemecahan masalah dan miskonsepsi IPA SD pada mahasiswa PGSD sangat valid dan dapat digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, T. (2016). Sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Sosial Budaya, 12(1), 117-126.

Budiono, D., Farida, N., & Ratnawuri, T. (2023). PENGEMBANGAN E-LKM INTERAKTIF BERORIENTASI PROFETIK. JURNAL LENTERA PENDIDIKAN PUSAT PENELITIAN LPPM UM METRO, 8(1), 127-138.

Fathani, A. H. (2018). Sintaks Model Pembelajaran Matematika Collaborative Problem Solving Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (Spltv). Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 65-72.

Fatmawati, K., Mardia, A., Handayani, S. L., & Zulyanty, M. (2023). Development of e-LKM for Elementary School Mathematics Learning as an Open-Ended Problem-Based Teaching Material using MiKIR Approach. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4).

Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97.

Irfandi, I., Musdansi, D. P., Murwindra, R., Chandra, M. F., & Rini, R. (2023). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN E-LKM BERBASIS STEM PADA MATERI MAKROMOLEKUL. Educational Insights, 1(2), 69-74.

Latiffah, N. U. (2023). Desain e-LKM Berbasis Case Study untuk Pembelajaran Problema Pendidikan Multikultural di Indonesia (Doctoral dissertation, UNVERSITAS JAMBI).

Purnama, S. (2010). Elemen warna dalam pengembangan multimedia pembelajaran agama Islam. Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 2(1).

Rokhimawan, M. A. (2016). Pengembangan LKM berbasis keterampilan proses sains pada mata kuliah pembelajaran IPA MI 1. Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 8(1).

Saregar, A. (2016). Pembelajaran pengantar fisika kuantum dengan memanfaatkan media phet simulation dan LKM melalui pendekatan saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni, 5(1), 53-60.

Sari, D. S., & Wulanda, M. N. (2019). Pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif mahasiswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 20-33.

Setiawan, A., Nurlaela, L., & Yundra, E. (2019, November). Pengembangan e learning sebagai media pembelajaran pendidikan vokasi. In Prosiding Seminar Nasional SANTIKA Ke-1 2019 (pp. 52-56).

Safitri, N. A., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Efektivitas Implementasi Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan: Studi Meta-Analisis. Jurnal Pendidikan tambusai, 5(2), 4021-4031.

Sinta, R., & Fanreza, R. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Media Digital Canva dalam Pembuatan Video Pembelajaran Ibadah Praktis pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Darul Ulum Budi Agung. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(2), 846-853.

Sulistiana, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Blimbing Kabupaten Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 127-133.

Suryani, Y. (2024). E-LKM Berbasis PJBL Terintegrasi Etno-STEM pada Materi IPA dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan pada Mahasiswa. HARMONI MEDIA DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN IPA, 99.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-05-04

How to Cite

Mukmin, B. A., Hunaifi, A. A. ., Wahyudi, W., & Fanisia, L. (2024). Pengembangan Desain Produk E-LKM Berbasis Problem Solving untuk Pemecahan Masalah dan Miskonsepsi IPA SD pada Mahasiswa PGSD. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 280–290. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.337

Issue

Section

Articles