Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Gabungan Bangun Datar pada Peserta Didik Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v5i2.595Keywords:
media, puzzle, learning, mathematicsAbstract
The low level of students' understanding of the concept of combined area of flat shapes indicates the need for more interactive and concrete learning strategies. The purpose of this study was to improve the understanding of the concept of combined area of flat shapes in grade V students of SDN Burengan 2 Kediri through the use of puzzle media. This study used the Classroom Action Research (CAR) method of the Kemmis and McTaggart model which was carried out in two cycles, with 28 students as subjects. The results showed an increase in learning completeness from 25% in the pre-cycle (average value of 71.1), to 53.6% in cycle I (average 74.2), and increased significantly to 89.3% in cycle II (average 80). The use of puzzle media has proven effective in improving students' understanding in a concrete, fun, and collaborative manner.
Downloads
References
Bruner, J. S. (1966). Toward a Theory of Instruction. Cambridge: Harvard University Press.
Fauzan, R., & Hartono, T. (2019). Penggunaan Media Manipulatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 88-102.
Hidayati, S., & Anwar, R. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Matematika, 18(1), 55-70.
Kusuma, A. (2021). Pengaruh Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 55-70.
Mayer, R. E. (2020). Multimedia Learning (3rd ed.). Cambridge University Press. DOI: https://doi.org/10.1017/9781108894333.003
Nugroho, A. (2021). Penggunaan Media Manipulatif dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 120-135.
Piaget, J. (1973). To Understand Is to Invent: The Future of Education. Grossman Publishers.
Prasetyo, B., & Wibowo, T. (2020). Analisis Pembelajaran Berbasis Media Puzzle terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Inovatif, 11(2), 98-110.
Rahmawati, T., & Setiawan, B. (2019). Pengaruh Media Permainan terhadap Motivasi dan Pemahaman Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 45-60.
Rahayu, S. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Puzzle dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(4), 98-112.
Sari, D., & Prasetyo, W. (2021). Penerapan Media Manipulatif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(3), 89-105.
Saputra, A., & Wijayanti, L. (2022). Pemanfaatan Teknologi dalam Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(1), 33-47.
Suryani, N. (2017). Penggunaan Media Puzzle dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 145–154. https://doi.org/xxxxx (gantikan dengan link DOI atau URL jika tersedia)
Susanto, H., & Wulandari, R. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Media Puzzle pada Materi Bangun Datar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(1), 45–52.
Susanto, A. (2018). Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Widodo, P., & Kartini, D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Media Manipulatif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Riset Pendidikan, 14(3), 120-135.
Widodo, T., & Dewi, R. (2022). Pengaruh penggunaan media puzzle terhadap peningkatan berpikir kritis peserta didik dalam geometri. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 15(3), 200-215.
Wulandari, F., & Hidayat, R. (2022). Penggunaan Puzzle dalam Pembelajaran Matematika: Dampak terhadap Partisipasi dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 10(2), 67-80.
Yulianti, R., & Saputra, E. (2021). Implementasi Media Interaktif dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri. Jurnal Teknologi Pendidikan, 16(1), 112-125.
Yunita, D. (2020). Pengaruh Media Konkret terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 20–28.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Devina Mukti Sari, Bagus Amirul Mukmin, Aji Setya Gaya Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0