Penerapan Realistic Mathematics Education dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Volume Bangun Ruang di Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • Liya Ratnawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bagus Amirul Mukmin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Aji Setya Gaya Putra SDN Burengan 2 Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v5i2.591

Keywords:

volume of geometric shapes, realistic mathematics education, learning outcomes

Abstract

Latar Belakang: Berdasarkan observasi awal di kelas VI A SDN Burengan 2 Kediri, banyak peserta didik kesulitan memahami materi volume bangun ruang karena pembelajaran masih bersifat konvensional dan berfokus pada guru. Akibatnya, hasil belajar mereka cenderung rendah.Tujuan: Tujuan penelitian adalah mengimplementasikan Realistic Mathematics Education guna meningkatkan hasil belajar siswa pada materi volume bangun ruang di kelas VI SDN Burengan 2 Kota Kediri. Metode: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI A SDN Burengan 2 Kediri. Pengumpulan data melalui tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan RME mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan: Penerapan RME berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada materi volume bangun ruang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Sholeh, F. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Amru, S. R. (2023). Model pembelajaran berbasis ralistis untuk meningkatkan kemampuan konsep siswa. 01(01).

Arina, D., 1*, Mujiwati, E. S., 2, Kurnia, I., & 3. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Tipografi. Dina Arina, Endang Sri Mujiwati, Ita Kurnia, 16(6), 675–683. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i6.495 DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i6.495

Astuti, F., & Qomariah, R. S. (2023). Prokrastinasi Akademik Saat Perkuliahan Daring Ditinjau dari Self–Regulated Learning. Jurnal Penelitian Psikologi, 14(1), 1-6. https://doi.org/10.29080/jpp.v14i1.843 DOI: https://doi.org/10.29080/jpp.v14i1.843

Firdaus, R., 1, Sari, D. R., & 2. (2024). PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK Menurut Wulandari ( 2016 ), pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ) adalah. 2(2), 71–78.

Hakim, A. R., Yonanda, D. A., & Nahdi, D. S. (2024). Realistic Mathematics Education Membangun Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. PUSAKA : Journal of Education Review, 2(1), 70–87. DOI: https://doi.org/10.56773/pjer.v2i1.49

Istiqomah. (2024). Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education Siswa SD SDN 1 Way Terusan SP1 , Jalan Raya Way , Kecamatan. 1, 213–218. DOI: https://doi.org/10.31004/edp.v1i1.38

Labiibah Shafiyyah Yaasmin. (2024). Improving Mathematics Learning Outcomes on Fraction Material through a Realistic Mathematics Approach for Elementary School Students. Insights: Journal of Primary Education Research, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.59923/insights.v1i1.70 DOI: https://doi.org/10.59923/insights.v1i1.70

Maspan, T. A. A. B. Z. (2024). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN. 7, 4729–4738.

Maulidya, N., & Bramantha, H. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education ( RME ) pada Siswa Sekolah Dasar. Mutiara PGSD, Volume 1 (, 53–60. DOI: https://doi.org/10.63440/mutiarapgsd.v1i2.14

Nisa, U. K., Yekti Kwasaning Gusti, V., & Nadiyyah, K. (2024). Pengembangan Media Konkret Berbasis Realistic Mathematic Education Pada Pembelajaran Bangun Ruang. Journal of Science and Social Research, 4307(1), 368–377. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR

Nurjanati, S. (2024). Peningkatan Disposisi Matematis melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) di Sekolah Dasar. Scientificum Journal, 1(1), 16–25.

Oktafiana, E., Hartatik, S., & Astini, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 88–92. https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.442 DOI: https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.442

Pridamayanti, Y. A., Sari, V., Kurniati, D., & Sartika, D. N. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG MELALUI MODEL RME KELAS VB SDN REJOWINANGUN 1. 3(1).

Setyawan, D. (2020). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Media Konkrit. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 4(2), 155–163. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4473

Wahyuni, Sri, Gandung Sugita, M. R. (2021). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Konsep Pecahan. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah …, 4(2), 1–9. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7126

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-05-04

How to Cite

Ratnawati, L., Mukmin, B. A., & Putra, A. S. G. (2025). Penerapan Realistic Mathematics Education dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Volume Bangun Ruang di Kelas VI Sekolah Dasar . PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 5(2), 478–490. https://doi.org/10.53624/ptk.v5i2.591

Issue

Section

Articles