Penerapan Realistic Mathematics Education dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Volume Bangun Ruang di Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v5i2.591Keywords:
volume of geometric shapes, realistic mathematics education, learning outcomesAbstract
Latar Belakang: Berdasarkan observasi awal di kelas VI A SDN Burengan 2 Kediri, banyak peserta didik kesulitan memahami materi volume bangun ruang karena pembelajaran masih bersifat konvensional dan berfokus pada guru. Akibatnya, hasil belajar mereka cenderung rendah.Tujuan: Tujuan penelitian adalah mengimplementasikan Realistic Mathematics Education guna meningkatkan hasil belajar siswa pada materi volume bangun ruang di kelas VI SDN Burengan 2 Kota Kediri. Metode: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI A SDN Burengan 2 Kediri. Pengumpulan data melalui tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan RME mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan: Penerapan RME berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada materi volume bangun ruang.
Downloads
References
Abdul Sholeh, F. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Amru, S. R. (2023). Model pembelajaran berbasis ralistis untuk meningkatkan kemampuan konsep siswa. 01(01).
Arina, D., 1*, Mujiwati, E. S., 2, Kurnia, I., & 3. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Tipografi. Dina Arina, Endang Sri Mujiwati, Ita Kurnia, 16(6), 675–683. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i6.495 DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i6.495
Astuti, F., & Qomariah, R. S. (2023). Prokrastinasi Akademik Saat Perkuliahan Daring Ditinjau dari Self–Regulated Learning. Jurnal Penelitian Psikologi, 14(1), 1-6. https://doi.org/10.29080/jpp.v14i1.843 DOI: https://doi.org/10.29080/jpp.v14i1.843
Firdaus, R., 1, Sari, D. R., & 2. (2024). PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK Menurut Wulandari ( 2016 ), pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ) adalah. 2(2), 71–78.
Hakim, A. R., Yonanda, D. A., & Nahdi, D. S. (2024). Realistic Mathematics Education Membangun Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. PUSAKA : Journal of Education Review, 2(1), 70–87. DOI: https://doi.org/10.56773/pjer.v2i1.49
Istiqomah. (2024). Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education Siswa SD SDN 1 Way Terusan SP1 , Jalan Raya Way , Kecamatan. 1, 213–218. DOI: https://doi.org/10.31004/edp.v1i1.38
Labiibah Shafiyyah Yaasmin. (2024). Improving Mathematics Learning Outcomes on Fraction Material through a Realistic Mathematics Approach for Elementary School Students. Insights: Journal of Primary Education Research, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.59923/insights.v1i1.70 DOI: https://doi.org/10.59923/insights.v1i1.70
Maspan, T. A. A. B. Z. (2024). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN. 7, 4729–4738.
Maulidya, N., & Bramantha, H. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education ( RME ) pada Siswa Sekolah Dasar. Mutiara PGSD, Volume 1 (, 53–60. DOI: https://doi.org/10.63440/mutiarapgsd.v1i2.14
Nisa, U. K., Yekti Kwasaning Gusti, V., & Nadiyyah, K. (2024). Pengembangan Media Konkret Berbasis Realistic Mathematic Education Pada Pembelajaran Bangun Ruang. Journal of Science and Social Research, 4307(1), 368–377. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR
Nurjanati, S. (2024). Peningkatan Disposisi Matematis melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) di Sekolah Dasar. Scientificum Journal, 1(1), 16–25.
Oktafiana, E., Hartatik, S., & Astini, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 88–92. https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.442 DOI: https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.442
Pridamayanti, Y. A., Sari, V., Kurniati, D., & Sartika, D. N. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG MELALUI MODEL RME KELAS VB SDN REJOWINANGUN 1. 3(1).
Setyawan, D. (2020). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Media Konkrit. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 4(2), 155–163. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4473
Wahyuni, Sri, Gandung Sugita, M. R. (2021). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Konsep Pecahan. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah …, 4(2), 1–9. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7126
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Liya Ratnawati, Bagus Amirul Mukmin, Aji Setya Gaya Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0