Meningkatkan Keterampilan Menulis MenggunakanMedia Interaktif pada Siswa Kelas II SDN 25 Palu
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.498Keywords:
pembelajaran, siswa, keterampilanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas II SDN 25 Palu melalui penerapan media interaktif dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, penilaian produk menulis siswa, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mengukur peningkatan keterampilan menulis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II dengan jumlah 25 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui data kuantitatif dari hasil tulisan siswa, sementara data kualitatif diperoleh dari analisis lembar observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Indikator keberhasilan penelitian ditetapkan dengan target ketuntasan sebesar 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media interaktif dalam pembelajaran secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis siswa. Pada pra-siklus, nilai rata-rata keterampilan menulis siswa hanya mencapai 56%. Setelah penerapan media interaktif, terjadi peningkatan signifikan menjadi 74,4% pada Siklus I dan 87% pada Siklus II. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media interaktif dalam pembelajaran menulis di kelas II SDN 25 Palu secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis siswa.
Downloads
References
Anditasari, R., Martutik, M., & Andajani, K. (2018). Pengembangan media berbasis permainan edukatif pada pembelajaran menulis teks deskripsi (Doctoral dissertation, State University of Malang).
Annisa, M. N., Rifki, M., Taufiqurrochman, R., & Al Anshory, A. M. (2023). Tekhnologi Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 378-388.
Apriani, I. L., Cahyani, I., & Nugroho, R. A. (2024). Model Flipped Classroom Bermuatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mengidentifikasi Teks Cerita Fantasi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 3292-3300.
Astuti, B., & Wathon, A. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Melalui Metode Pembelajaran. Sistim Informasi Manajemen, 2(2), 113-138
Aziezah, R. K. (2022). Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 94-100. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.56.
Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan video tutorial untuk mendukung pembelajaran daring di masa pandemi virus corona. Muallimuna: jurnal madrasah ibtidaiyah, 5(2), 74-84.
Chasanah, R. N., Mujasam, M., Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2019). Influence Of The Use Of Interactive Learning Media On Students’ Higher Order Thinking Skills. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 2(1), 26-35.
Danita, F. (2023). Bagaimana Proses Pengenalan Membaca Awal yang Sesuai untuk Anak Usia Dini?. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 345-350.
Darmawan, D., Setiawati, P., Supriadie, D., & Alinawati, M. (2017). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Englishsimple Sentencespada Mata Kuliah Basic Writing Di Stkip Garut. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 15(2), 630-644.
Dewi, F. (2015). Proyek buku digital: Upaya peningkatan keterampilan abad 21 calon guru sekolah dasar melalui model pembelajaran berbasis proyek. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2).
Fauziah, R., & Hadi, M. S. (2023). Analisis Efektivitas dan Manfaat Quizizz Paper Mode dalam Pembelajaran Interaktif di Kelas III SDN Singabraja 02. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2721-2730.
Hasani, Z. F. (2013). Penerapan Metode Imla’ Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas VIIC Mts Muhammadiyah 02 Pemalang. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 2(1).
Krissandi, A. D. S., Widharyanto, B., & Dewi, R. P. (2018). Pembelajaran bahasa indonesia untuk SD. Bekasi: Media Maxima.
Kristiani, N. (2017). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Murid pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD di Sekolah Lentera Harapan Nias (CD)/[Computer] (Doctoral dissertation, Universitas Pelita harapan).
Kurniawan, D., & Saragih, A. H. (2016). Pengembangan bahan pembelajaran media interaktif pada mata pelajaran ppkn. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 3(1), 1-13.
Kusumawati, E. T., & Lestari, Y. S. (2024). Penerapan Pembelajaran Berbasis ADLX Terpadu Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Algoritma Pemrograman Scratch Siswa. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 14-27.
Ma’usarah, S. (2020). Penggunaan Media YouTube pada Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII MTs Negeri 13 Jakarta Tahun Pelajaran 2019/2020 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Mayer, Richard E. (2009). Multimedia Learning. New York: Cambridge University Press.
Qamaria, R. S., Trisyafatna, K., & Burhani, M. I. (2024). Melatih keterampilan interpersonal pada anak yang mengalami keterlambatan bicara (speech delay) menggunakan boneka jari (finger puppet). Jurnal Psikologi Tabularasa, 19(1), 18-35. https://doi.org/10.26905/jpt.v19i1.10817.
Raja, J. M. B., Fahik, M. P., & Negara, I. P. Y. (2023). Pentingnya Edukasi Literasi Anak Diusia Dini. In Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK) (Vol. 6).
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40.
Riyanti, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Berdasarkan Pengalaman Pribadi Melalui Metode Spider Concept Map.
Setiawan, Z. Dkk (2023). PENDIDIKAN MULTIMEDIA: Konsep dan Aplikasi pada era revolusi industri 4.0 menuju society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal ilmiah edunomika, 2(01).
Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.
Yusnan, M., & Arji, W. A. O. (2024). Pembentukan Tata Bahasa Siswa melalui Media Pembelajaran Animasi Camtasia Berbasis Kemaritiman dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(1), 65-79.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Melani Rahayu, Ijirana, Rommy AR
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0